News Kota Tangerang Portal Tangerang, Solusi Nyaman Belanja di Pasar Tradisional Secara Online

Portal Tangerang, Solusi Nyaman Belanja di Pasar Tradisional Secara Online

Foto Pelitabanten.com (Istimewa)
Hari Guru Dinkes Tangsel

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Aplikasi Portal Tangerang (Pasar Online antar Langsung) menjadi solusi aman dan nyaman masyarakat Kota Tangerang belanja kebutuhan sehari-hari secara online.

Aplikasi ini diluncurkan Pemerintah Kota (pemkot) Tangerang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerjasama dengan PD Pasar.

Dengan tujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk berbelanja di pasar tradisional selama masa pandemi Covid-19.

“Rencananya besok baru mulai operasional. Jam 6 (enam) pagi besok baru on,” ujar Kepala Bidang Pengembangan E-Government Dinas Kominfo, Adhi Zulkifli saat dikonfirmasi, Minggu (7/3/2021).

“Aplikasi ini dikelola oleh PD Pasar Kota Tangerang, Kominfo hanya fasilitasi saja untuk pembangunan aplikasinya,” ucapnya.

Ditambahakannya, untuk saat ini aplikasi tersebut baru melayani pembelian secara online atau daring di dua pasar yang ada di Kota Tangerang.

“Saat ini baru dua pasar, Pasar Poris dan Pasar Anyar,” jelasnya.

Baca Juga:  Kapolres Sambangi Dapur Umum di Periuk, Pastikan Kebutuhan Pengungsi Terpenuhi

Untuk mengakses Portal Tangerang cukup mudah. Adhi menjelaskan para calon pembeli yang ingin berbelanja secara daring terlebih dahulu harus memasang aplikasi Tangerang Live yang bisa didownload secara gratis di Play Store maupun App Store.

“Kemudian di menu Layanan Ekonomi, klik Portal Tangerang, pilih nama pasar, kemudian lanjut klik barang yang akan dibeli beserta kuantitasnya, klik keranjang, dan terakhir tentukan cara pembayarannya,” paparnya.

“Pembeli tinggal menunggu barangnya diantar oleh Ojek Pasar.  Progres pengantarannya juga bisa dipantau melalui aplikasi Portal Tangerang,” sambungnya.

Sementara itu terkait pembayarannya, lanjut Adhi saat ini pihaknya baru melayani sistem pembayaran Cash On Delivery (COD) atau pembayaran yang dilakukan ketika barang sudah sampai tujuan.

“Sementara baru cod, sekarang lagi diproses pake virtual akun sama gopay,” pungkasnya.