Komunitas Pecinta Alam Tangerang Tanam 1000 Pohon Mangrove di Kronjo

Komunitas Pecinta Alam Tangerang Tanam 1000 Pohon Mangrove di Kronjo
komunitas pecinta alam di Kabupaten Tangerang menanam pohon mangrove di pantai Pulo Cangkir,(Dok Ist)

KABUPATEN TANGERANG, Pelitabanten.com — Berbagai komunitas pecinta alam di Kabupaten Tangerang menanam pohon mangrove di pantai Pulo Cangkir, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, Minggu 12 Desember 2021.

Kegiatan yang diinisiasi Tongkrongan Pecinta Alam (Topial) Balaraja tersebut mendapatkan dukungan berbagai pihak. 1.000 pohon mangrove pun berhasil mereka tanam.

Ketua Pelaksana kegiatan Rohman mengatakan, penanaman mangrove tersebut salah satu ikhtiar mereka untuk memulihkan ekosistem pesisir pantai Utara Tangerang dari kerusakan. “Abrasi di pantai Utara Tangerang ini sudah sangat mengkhawatirkan. Perlu keterlibatan semua pihak untuk memulihkannya,” ungkapnya..

Menurutnya, mangrove memiliki fungsi yang penting untuk mengembalikan fungsi ekosistem pesisir, karenanya perlu gerakan bersama secara intensif menanam mangrove di sepanjang sekitar 51 kilometer garis pantai Utara Tangerang. “Kalau bukan kita, siapa lagi?” tegasnya.

Topial, kata dia, komunitas yang lahir sejak tahun 2009 itu, memiliki kepedulian yang tinggi pada upaya pemulihan lingkungan dari kerusakan. “Awalnya kami hanya kelompok pecinta alam yang hobinya naik gunung. Tapi paradigma itu coba kami geser, bahwa kami juga bisa turut berkontribusi pada upaya pemulihan lingkungan yang rusak.”

Ia mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut. Selain mangrove yang telah ditanam, mereka juga menyiapkan bibit pohon untuk penyulaman. “Jika ada pohon mangrove yang telah ditanam mati, kami bekerjasama dengan Pemdes Kronjo untuk segera menyulamnya,” katanya.

Selain komunitas pecinta alam, kegiatan tersebut juga mendapatkan dukungan dari organisasi pers, yaitu Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang.

Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sangki Wahyudin mengacungi jempol kepada semua pihak yang turut mengambil peran untuk memulihkan pesisir pantai Utara Tangerang dari abrasi.

“Kami mendukung penuh upaya pemulihan lingkungan di pesisir pantai Utara Tangerang ini. Semoga ikhtiar kita ini segera membuahkan hasil,” katanya.