Komunitas Informasi Masyarakat Diminta Aktif Sosialisasi Penanganan Stunting

Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Tangerang diminta aktif melakukan sosialisasi, Foto. (Istimewa)
Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Tangerang diminta aktif melakukan sosialisasi, Foto. (Istimewa)

KABUPATEN,TANGERANG,Pelitabanten.com-Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Tangerang diminta aktif melakukan sosialisasi dan pemberdayaan masyarakat terhadap akses informasi dan komunikasi terkait pencegahan, penanggulangan, dan penanganan stunting.

“KIM merupakan kelompok yang dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat yang secara mandiri dan kreatif melakukan pemberdayaan masyarakat terhadap akses informasi dan komunikasi,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika yang diwakili oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Ahmad Suryadi di Ruang Rapat Wareng Gedung Bupati Kabupaten Tangerang, Rabu (20/09/2023).

Pembinaan Komunitas Informasi Masyarakat tersebut digelar melalui forum diskusi yang digagas Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tangerang. Kegiatan ini didukung oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Banten.

Forum yang mengusung tema “Penanganan Stunting Melalui Pembentukan Masyarakat Mandiri dan Kreatif dalam Pengelolaan Informasi” itu dihadiri para tokoh dan penggiat informasi masyarakat dari setiap kecamatan di Kabupaten Tangerang. Hal ini juga mengacu pada Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Ahmad Suryadi mengatakan, tema yang diangkat merupakan fokus tematik KIM karena sejalan dengan komitmen dan keseriusan Pemkab Tangerang dalam pencegahan, penanggulangan serta penanganan stunting bersama seluruh stakeholder di Kabupaten Tangerang. Dia mendorong kehadiran dan peran KIM sebagai media pelayan informasi.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wadah untuk bertukar pendapat, diskusi, berkoordinasi dan bersinergi dengan harapan dapat meningkatkan penyebarluasan informasi terkait pentingnya penanganan stunting, dan kemudian menjadi awal KIM secara berkelanjutan  dapat  dibentuk dan aktif di Kabupaten Tangerang,” katanya.

Forum Pembinaan KIM dihadiri sejumlah, yaitu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dr. Hendra Tarmizi dan Kepala Bidang Perencanaan Sosial Budaya dan Pemerintahan Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Sri Indriastuti Widiyaningsih. Para narasumber menjelaskan kebijakan, regulasi, dan implikasi terhadap percepatan penurunan stunting di Kabupaten Tangerang.