KNPI Kota Tangerang: Pemuda Memahami dan Memaknai Pancasila

KNPI Kota Tangerang: Pemuda Memahami dan Memaknai Pancasila
Yudhistira Prasasta Ketua KNPI Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Hari lahir Pancasila selalu diperingati dengan berbagai momen, hal tersebut untuk mengingatkan akan dasar ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pancasila yang memiliki lima sila (nilai) harus bisa dipahami dan diimplementasikan dengan bijak terutama bagi generasi milenial.

Bahkan, makna Pancasila harus benar-benar di pahami khususnya kaum muda yang saat ini masih harus diberikan pemahaman tentang ideologi Pancasila.

Ketua DPD KNPI kota Tangerang Yudhistira Prasasta mengatakan, pancasila adalah tonggak kehidupan bangsa. Jadi, kaum muda harus benar-benar memahami ideologi Pancasila sebagai warga negara Indonesia.

“Pancasila itu dasar negara kita, oleh sebab itu Pancasila yang merupakan tonggak kehidupan berbangsa dan bernegara. Dan itu harus bisa menjadi pegangan generasi muda untuk keberlangsungan masa depan bangsa,“ ujarnya kepada wartawan, Selasa (1/6/2022).

Yudhis menambahkan, dalam nilai Pancasila selalu mengajarkan untuk bersama-sama menjaga kerukunan serta menjalin keharmonisan antar bangsa.

“Pancasila itu sebagai dasar berprilaku seseorang terhadap orang lain. sebagai anak muda kita harus melaksanakan nilai Pancasila, diantaranya sikap yang bisa dilakukan oleh generasi muda yaitu toleransi terhadap agama lain, saling tolong menolong, dan tidak diskriminasi,“paparnya.

Ia menjelaskan, KNPI sebagai wadah pemuda tentunya akan terus berupaya memberikan ideologi Pancasila kepada para pemuda yang ada di Kota Tangerang. Hal tersebut, sebagai landasan dasar sebagai warga negara Indonesia.

“Anak muda yang nanti menjadi agent of change, harus memiliki dasar kepatuhan terhadap Pancasila agar menjadi agent yang berakar atau bersemangat dalam menempuh cita-cita negara sesuai jalannya Pancasila,” ungkapnya.

Yudhis berharap, makna Pancasila khususnya di kalangan kaum muda di Kota Tangerang bukan hanya seremoni saja. Tetapi, makna Pancasila bisa dipahami dan dijalankan dalam kehidupan sehari-hari dikalangan pemuda.

“Dari pancasila, kita bisa belajar tentang perikemanusiaan, bahwa setiap warga negara di bumi pertiwi berhak mendapat perlakukan yang adil dan beradab,” kata Yudhis.