Kios Inovasi Kampung Otak-Otak di Desa Sarakan di Duga Mangkrak, LSM Geram: Minta di Audit

Kios Inovasi Desa (UMKM) berbentuk kapal pesiar yang di beri nama Kampoeng Otak-Otak Desa Sarakan, Foto. (Istimewa)
Kios Inovasi Desa (UMKM) berbentuk kapal pesiar yang di beri nama Kampoeng Otak-Otak Desa Sarakan, Foto. (Istimewa)

KABUPATEN TANGERANG, Pelitabanten.com – Kios Inovasi Desa untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berbentuk kapal pesiar yang di beri nama Kampoeng Otak-Otak Desa Sarakan Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang. Kamis (30/12/2021).

Kios inovasi desa (UMKM), Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa sarakan kecamatan sepatan, seperti mati suri mangkrak atau tak beroperasi lagi.

Hal ini membuat ketua dewan pimpinan cabang (DPC) LSM Geram banten samsuri Pun, angkat bicara.

Menurut ketua LSM geram banten keterangan rata-rata BUMDes terbengkalai disebabkan perencanaan tidak matang dan sumberdaya di desa tidak ada.

Dari data yang diperoleh, terdapat sekitar sudah hampir 1bulan BUMDes kampung Otak-Otak Desa Sarakan terbengkalai, sementara dianggap tidak aktif, pada kenyataannya belum memberikan kontribusi optimal bagi pendapatan desa.

“Yang bertanggung jawab adalah pengurus, karena uang mereka yang pakai, pengurus, mana pertanggung jawabanya itu,” terang ketua LSM geram.

Padahal, tahun 2021 lalu baru saja di resmikan dan di hadirkan oleh forkomimcam dan berusaha membangun untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui program BUMDes

Program tersebut diharapkan mampu menalar potensi yang dapat dijadikan sebagai bidang usaha.

“Setelah kita telusuri, hanya kelengkapannya saja desa mendirikan BUMDes, tapi sumber daya di desa tidak mendukung,

apa lagi ada desa yang ingin membuat BUMDes baru, tidak, jalankan dulu yang ada kami akan minta inspektorat BPK Kabupaten Tangerang audit kampung Otak-Otak BUMDes, ” ketus LSM geram.

Sementara itu, terpisah kepala desa Sarakan halimi menambahkan, “Kampung Otak-Otak desa Sarakan tidak mangkrak dan masih berjalan akan tetapi memang pengurus nya yang sekarang baru Rio dan orang tuanya sedang sakit yah nunggu ajah kalau dia dah balik dari Kampung akan saya tanyakan, “ucapnya.

Saat di konfirmasi mengenai badan usaha milik desa (BUMDes) kios inovatif Kampoeng Otak-Otak Desa Sarakan Rio ketua kepengurusan BUMDes desa Sarakan mengatakan, ” Terkait hal Kampung Otak-Otak itu sudah saya alihkan ke Foodcourt bang, yang berada di depan kios Kampung Otak-Otak. Yang berjualan sekrang in sore bang dstu ada seblak dan segala macem bang, dan kios inovatif Kampoeng Otak-Otak cuman di pake buat naro barang saja bang, “Ujarnya.