Kelelahan hingga Larut Malam, Ratusan Petugas Berjibaku Padamkan Api di TPA Rawa Kucing

Kelelahan hingga Larut Malam, Ratusan Petugas Berjibaku Padamkan Api di TPA Rawa Kucing
Hingga Larut Malam, Kobaran Api Masih Besar di TPA Rawa Kucing. Foto Pelitabanten.com (Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Ratusan petugas dikerahkan untuk memadamkan api akibat kebakaran hebat melanda Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing yang terjadi sejak pukul 14.00 WiB hingga menjelang tengah malam ini, Jumat (20/10/2023).

Sebanyak 450 petugas gabungan, Mulai dari BPBD, DLH, PUPR, Dishub, Disbudpar, Satpol PP, Dinkes dan juga PMI kota Tangerang diterjunkan. Hingga saat ini,

Tim Gabungan tersebut pun masih terus bertahan melakukan upaya pemadaman, meskipun telah banyak petugas yang bertumbangan lantaran kelelahan.

“Hampir 10 jam sudah petugas gabungan di lokasi kejadian melakukan penanganan pemadaman, dan masih terus berupaya hingga saat ini. Kendala angin masih kencang, cuaca, keterbatasan cahaya karena malam, hingga asap yg tebal membuat sejumlah petugas terhambat dan beberapa pun tumbang,” ungkap Maryono Hasan, Kepala BPBD, Kota Tangerang.

Masyarakat Kota Tangerang, dimintanya untuk memberikan dukungan dan doa kepada tim yang terus berupaya memadamkan si jago merah, yang kini masih berkobar di lokasi kejadian.

“Doakan agar Tim Gabungan senantiasa diberikan kekuatan dan keselamatan. Kita semua terus berjuang lakukan yang terbaik,”  ujarnya.

Maryono menjelaskan, saat ini data laporan terakhir pukul 22.00 WIB, dari Pemkot Tangerang telah dikerahkan 34 unit pemadam, 20 unit tangki Disbudpar Bidang Pertamanan, empat unit tangki DLH, dua pompa portabel DPUPR.

Selain itu, sederet bantuan pun telah berdatangan. Diantaranya, dari Kota Tangerang Selatan dua unit mobil pemadam dan 10 personel, Kabupaten Tangerang tiga unit kendaraan pemadam dan 10 personel, Provinsi Banten 31 unit tangki, satu kendaraan Firedoom dan tujuh personel, DKI dengan dua unit mobil pemadam dan 10 personel. Tak ketinggalan Bandara Soetta dengan dua unit pemadam dan empat personel.

“Kondisi terakhir, laporan pukul 22.00 WIB seluruh petugas masih berjuang melakukan pemadaman. Kondisi terkini, asap tebal menyelimuti seluruh lokasi kejadian, efeknya membuat mata perih dan jarak pandang terbatas,” katanya

“Terima kasih kepada PT Angkasa Pura II, Pemkot Tangerang Selatan, dan lain-lainnya. Serta seluruh pihak yang terus membantu penanganan kebakaran. Semoga api bisa cepat padam dan normal kembali,” imbuhnya.