Kecamatan Legok Ciptakan Wisata Edukasi Dirgantara, Warga Selfie Dengan Pesawat Gratis

Peresmian wisata edukasi Dirgantara di Kecamatan Legok.
Peresmian wisata edukasi Dirgantara di Kecamatan Legok.

KABUPATEN TANGERANG, Pelitabanten.com – Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang resmikan wisata edukasi Dirgantara, Selasa (28/6/2022).

Wisata di halaman Kecamatan Legok ini tentu dibuka secara gratis bagi masyarakat umum.

Camat Legok Cucu Abdurrosyied menuturkan, pihaknya sangat berterima kasih kepada pihak PPI atau yang dulu dikenal Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) yang telah menghibahkan satu unit pesawat terbang sebagai icon Kecamatan Legok.

Tentu hal ini akan menumbuhkan edukasi masyarakat untuk melihat lebih dekat, pesawat yang selama ini hanya bisa dilihat di udara saja.

“Dengan diresmikannya wisata edukasi dirgantara ini diharapkan akan menambah wawasan bagi masyarakat khususnya wilayah legok dalam hal penerbangan. Icon pesawat ini sengaja disimpan di sini agar masyarakat bisa lebih dekat melihat langsung sambil foto selfie,” terang Camat Cucu.

Ia berharap, dengan hadirnya wisata edukasi dirgantara ini, dapat meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat Kecamatan Legok. Terutama para pelajar, bisa menambah ilmu pengetahuan dengan melihat secara detail pesawat ini.

Dilokasi yang sama Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Tangerang Yusuf Heriawan mengungkapkan, wisata edukasi dirgantara yang menampilkan satu unit pesawat asli ini baru ada di Kabupaten Tangerang, tepatnya di Kecamatan Legok.

Ini merupakan hal yang luar biasa dan harus dimanfaatkan betul oleh masyarakat sebagai sarana pendidikan dan hiburan.

“Wisata dirgantara ini satu-satunya di Indonesia dan baru ada di Kecamatan Legok. Ini luar biasa sebagai sarana wisata edukasi bagi masyarakat Kabupaten Tangerang,” tuturnya.

Direktur Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Asri Santosa mengungkapkan, kerjasama antara Pemkab Tangerang dan Politeknik Penerbangan Indonesia ini sudah terjalin sejak lama.

Kali ini, sesuai arahan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani terkait optimalisasi aset, bahwa teknologi yang di investasikan oleh pemerintah juga bisa dimanfaatkan langsung untuk masayarakat.

“Kolaborasi antara pemerintah daerah Kabupaten Tangerang dengan Kementerian Perhubungan sudah terjalin dengan baik sejak lama. Untuk itu, kami menghibahkan aset berupa pesawat terbang ini untuk dimanfaatkan sebagai wisata edukasi dirgantara,” terangnya usai peresmian.

Menurut Asri, kenapa PPI mau menghibahkan asetnya ke Pemkab Tangerang, karena cikal bakal penerbangan Indonesia, yang di prakarsai oleh Presiden RI pertama Soekarno ada di wilayah Kecamatan Legok ini.

“Dulu pak presiden kita memilih Kewadanaan Curug tepatnya di Kecamatan Legok ini sebagai pusat pendidikan penerbangan Indonesia. Sudah sepatutnya hari ini masyarakat Legok khususnya, umumnya masyarakat Kabupaten Tangerang, bisa menikmati wisata edukasi tentang penerbangan di sini,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug menghibahkan satu unit pesawat jenis Dakota tahun pembuatan 1990 sebagai sarana wisata edukasi dirgantara.

Pesawat tersebut kini diletakkan persis di halaman depan kantor Kecamatan Legok, Desa Caringin, Kabupaten Tangerang, agar bisa dilihat lebih dekat oleh masyarakat.

Avatar photo
087781634774