Kecamatan Cipondoh Wakili Kota Tangerang dalam Lomba UP2K Banten

Kecamatan Cipondoh Wakili Kota Tangerang dalam Lomba UP2K Banten
Lomba UP2K Tingkat Provinsi Banten. Foto Pelitabanten.com (Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Keluarga (UP2K) Kelurahan Poris Plawad Utara (PPU), Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang berhasil mewakili Kota Tangerang dalam perlombaan UP2K tingkat Provinsi Banten.

Ketua TP PKK Kota Tangerang, Aini R Wismansyah, menyampaikan, pada tahap pertaman ini TP PKK Kota Tangerang, melalui TP PKK kecamatan dan kelurahan diminta untuk membuat video ekspos dan profil terkait produk UP2K.

“Di tahap pertama, kami diminta untuk mengirimkan video ke PKK Provinsi Banten. Setelah itu, akan dikurasi sampai tiga pemenang dari delapan kota/kabupaten di Provinsi Banten, kalau sudah dipilih nanti TP PKK yang akan berkunjung dan melihat apakah sesuai antara video dan real nya di lapangan,” ujar Aini.

Dalam perlombaan tersebut sebanyak 25 produk UP2K ditampilkan. Mulai dari, makanan, minuman, hingga handicraft. Dengan lima produk unggulan yang memang identitas dari produk Kelurahan PPU.

“Lima produk yang diunggulkan diantaranya, sagon bakar, lenting sultan, kembang goyang pelangi, sereh selasih dan peyek. Untuk produk peyek ini telah merambah pasar luar negeri melalui reseller,” katanya.

Sebelumnya, lanjut Aini, TP PKK Kota Tangerang telah melakukan kurasi dari 104 kelurahan yang dilakukan satu tahun lalu dan terpiliah UP2K Kelurahan PPU.

“Ada beberapa kriteria yang kami nilai, salah satunya bagaimana produk UP2K ini dapat mengikuti perkembangan zaman. Mulai dari warna, rasa, dan packagingnya luar biasa keren jada,” lanjutnya.

Aini pun berharap agar perlombaan ini dapat memacu UP2K Kelurahan PPU, Kecamatan Cipondoh untuk lebih baik dan kreatif lagi dalam memproduksi karyanya.

“Juara itu bonus, tapi yang paling penting konsisten dari UP2K untuk menghasilakan produk yang terbaik dan semoga dengan adanya perlombaan ini menjadi motivasi bagi UP2K di kelurahan lainnya,” harapnya.