Kapolres Metro Tangerang Kota Pimpin Rapat Lintas Sektoral Pengamanan Lebaran 2023, Cek Isinya Disini!

Kapolres Metro Tangerang Kota Pimpin Rapat Lintas Sektoral Pengamanan Lebaran 2023, Cek Isinya Disini!
Rakor Lintas Sektoral Polres Metro Tangerang Kota Persiapan Pengamanan Lebaran Idul fitri 1444 Hijriah. Foto Pelitabanten.com (Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Polres Metro Tangerang Kota bersama TNI dan Pemerintah Daerah maupun stakeholder terkait menggelar rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral guna membahas masalah pengamanan mudik dan balik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Rabu, (12/4/2023).

Kapolrestro Komisaris Besar Polisi Zain Dwi Nugroho menjelaskan, rapat koordinasi lintas sektoral di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota perlu digelar lebih awal agar persiapan bisa dilakukan lebih matang dan terorganisir dengan baik.

“Rakor ini untuk menjalin sinergitas menghadapi pengamanan arus mudik lebaran 1444 hijriah, persiapan personil, sarana prasarana, maupun cara bertindak ,” kata Zain.

Zain menjelaskan, Polres Metro Tangerang Kota akan menggelar Operasi Ketupat 2023 dimulai pada 18 April hingga 1 Mei 2023 guna menjaga kondusifitas wilayah diantaranya keamanan dan kelancaran selama arus mudik maupun balik.

“Pelaksanaan Operasi Ketupat 2023 di wilayah Hukum Polres Metro Tangerang kota akan dimulai pada Selasa tanggal 18 April 2023 sampai dengan Senin, 1 Mei 2023 mendatang,” ujarnya.

Zain juga mengatakan pihaknya bersama TNI Pemerintah daerah dan jajaran samping akan mendirikan 9 pos pengamanan lebaran (pospam), pos pelayanan (posyan) maupun 2 pos pantau yang akan disebar diberbagai titik.

Selanjutnya, juga dibahas pengamanan malam takbiran, disepakati tidak ada masyarakat yang melakukan takbir keliling mengunakan kendaraan bak terbuka maupun konvoi kendaraan guna mencegah kecelakaan lalu lintas, tawuran maupun bentrok antar kelompok lain di jalan. Disamping itu juga dibahas ketersediaan bahan pokok dan monitoring harga bahan pokok di Kota Tangerang maupun upaya yang dilakukan menjaga angka inflasi.

“Ini demi menciptakan keamanan dan kelancaran pada Perayaan Hari Raya Idul Fitri mendatang, kita mengantisipasi kemacetan, sekaligus menekan angka kecelakaan yang berpotensi terjadi,” tukas Zain.

Dalam rapat koordinasi lintas sektoral itu dihadiri oleh Asisten Daerah (Asda) 1 Pemkot Tangerang Deni Koswara, Pemkab Tangerang, Kodim 0506/TGR, Kodim 0510/Tigaraksa, BPBD Satpol PP, Dishub, Dinkes, Disperindag, Dinas PU dan Tata Ruang Kota dan Kabupeten Tangerang, Pertamina, Jasa Marga Tol, PLN maupun para Kapolsek Jajaran.