Jelang Nataru, Kemendagri Minta Sekda Bantu Kepala Daerah Antisipasi Gangguan Keamanan dan Identifikasi Kerawanan

Jelang Nataru, Kemendagri Minta Sekda Bantu Kepala Daerah Antisipasi Gangguan Keamanan dan Identifikasi Kerawanan
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro , (dok ist)

PADANG, Pelitabanten.com – – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta sekretaris daerah (Sekda) bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk membantu kepala daerah mengantisipasi gangguan keamanan dan mengindentifikasi kerawanan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) 2022. Kegiatan yang berlangsung di Santika Premiere Hotel, Kota Padang, Sumatera Barat, Senin (19/12/2022), itu mengusung tema “Percepatan Transformasi ASN BerAKHLAK Menuju Indonesia Tangguh.”

“Jadi kepala daerah dibantu Sekda bersama Forkopimda ambil inisiatif untuk menentukan kerawanan-kerawanan daerah masing-masing, tentukan langkah-langkah antisipasinya,” kata Suhajar.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan pesan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian yang meminta agar Sekda bersama Forkopimda membantu kepala daerah mengantisipasi kenaikan harga barang maupun jasa selama Nataru.

“Jadi Pak Menteri berpesan agar Nataru ini pastikan kendalikan (harga di) daerah masing-masing. Sekda membantu kepala daerah agar harga-harga terjangkau,” ujarnya.

Tak hanya itu, Suhajar juga meminta kepala daerah, Sekda, bersama Forkopimda beserta stakeholder lainnya untuk melakukan rapat koordinasi guna memetakan kerawanan dan mengantisipasi gangguan keamanan pada kegiatan keagamaan.

“Kemudian Pak Menteri minta yang kedua, menjaga keamanan rumah-rumah dan tempat-tempat ibadah selama Nataru,” tandas Suhajar.

Lebih lanjut, Suhajar mengingatkan para kepala daerah dibantu Sekda agar mengantisipasi kerawanan pada perayaan Tahun Baru 2023 melalui penyiapan berbagai upaya antisipasi dan pengamanan. “Petakan kerawanannya di mana, dan siapkan pengamanannya,” pinta Suhajar.

Source: Puspen Kemendagri