Jadi Jalur Perlintasan Mudik, Kota Tangerang Mulai Pasang Rambu Petunjuk Jalan

Jadi Jalur Perlintasan Mudik, Kota Tangerang Mulai Pasang Rambu Petunjuk Jalan
Pemasangan Petunjuk Jalan Bagi Pemudik di Kota Tangerang. Selasa (11/4/2024). Foto Pelitabanten.com (*/Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Suasana arus pemudik mulai nampak terpantau di sepuluh hari terakhir menjelang lebaran Idul fitri 1444 Hijriah di Kota Tangerang.

Salah satunya, di jalan-jalan utama di Kota Tangerang, Dinas Perhubungan (Dishub) bersama Polres Metro Kota Tangerang mulai memasang RPPJ (Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan) pada hari ini, Selasa, (11/4/2023).

Kepala Dishub Kota Tangerang, Achmad Suhaely menuturkan, pemasangan rambu petunjuk jalan ini merupakan rutinitas yang selama ini dilakukan di sepanjang musim arus mudik dan arus balik lebaran. Hal ini dilakukan sebagai upaya memberikan pelayanan terbaik kepada para pemudik yang rute perjalanannya melewati Kota Tangerang.

“Hari ini kami mulai lakukan pemasangan rambu petunjuk jalan. Selanjutnya, rambu petunjuk jalan ini dipasang di jalan-jalan nasional yang menjadi rute pasti perjalanan para pemudik, yakni di sepanjang jalan utama arah Jakarta menuju Serang atau Pulau Sumatera, begitu pun sebaliknya, yang saat ini menjadi prioritas utama,” ujar Kepala Dishub, Achmad Suhaely.

Saat ini, pemasangan rambu petunjuk jalan ini dilakukan di 19 titik lokasi strategis yang telah ditentukan. Selain itu, rambu petunjuk jalan ini dapat membantu pemudik untuk lebih mudah memahami rute perjalanan menuju kota tujuan. Terlebih, jika nantinya terdapat skenario lalu lintas khusus yang diterapkan selama arus mudik berjalan.

“Pemasangan rambu petunjuk jalan ini bermanfaat untuk memperlancar arus lalu lintas, menghindari kecelakaan, serta menghindari ketersesatan sehingga efesiensi waktu dan menghemat bakan bakar bisa dirasakan para pemudik nantinya,” tambah Kepala Unit Keamanan dan Keselamatan Satlantas Polres Metro Kota Tangerang, Rovi, saat ikut mendampingi proses pemasangan.

Harapannya, pemudik dapat memanfaatkan marka petunjuk jalan tersebut, serta pelayanan-pelayanan lain yang nantinya akan dihadirkan oleh Dishub dan Polres Metro Kota Tangerang, seperti posko mudik, pelayanan kesehatan, dsb.

“Kami (Dishub dan Polres Metro Kota Tangerang) tentunya menghimbau kepada seluruh pemudik untuk tetap berhati-hati di jalan, serta mematuhi rambu-rambu yang sudah ditetapkan, untuk mempermudah segala sesuatunya bisa mampir ke posko-posko yang nantinya kita siapkan,” pungkas Kepala Dishub, Achmad Suhaely.