Ibu Hamil dan Anak Dibagikan Makanan Gratis HUT ke- 50 PDIP di Kota Tangerang

Ibu Hamil dan Anak Dibagikan Makanan Gratis HUT ke- 50 PDIP di Kota Tangerang
Pemberian Makanan Siap Saji Bagi Ibu Hamil dan Anak-Anak Oleh DPC PDI Perjuangan Kota Tangerang, di Cipondoh. Senin (23/1). Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Cegah stunting, DPC PDI Perjuangan Kota Tangerang membagikan makanan siap saji secara gratis kepada masyarakat, ibu Hamil dan anak-anak di wilayah Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang, Senin (23/1/2023).

Program ini digelar dalam rangka memperingati HUT ke- 50 PDI Perjuangan sekaligus Hari Ulang Tahun Ketua Umum Megawati Soekarno Putri.

Hal ini juga merupakan intruksi DPP PDI Perjuangan dan dilaksanakan seluruh wilayah NKRI.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Tangerang, Gatot Wibowo menjelaskan, ratusan masakan siap saji yang dibagikan tersebut berasal dari dapur umum yang didirikan dengan memasak bareng masyarakat, lalu hasilnya dibagikan lagi kepada masyarakat, ibu Hamil dan anak-anak.

“Kita buat menu sajian yang murah meriah, sehat dan bergizi. Kegiatan ini diharapkan dapat mencegah stunting atau gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi,” jelasnya.

Pria yang juga Ketua DPRD Kota Tangerang itu menegaskan bahwa PDI Perjuangan sangat konsisten dalam pencegahan stunting. Maka itu dalam kegiatan ini juga diberikan penyuluhan soal stunting kepada masyarakat khususnya ibu-ibu hamil dan diberikan makanan sehat kepada ibu Hamil dan Balita.

“Kami menggerakkan seluruh fungsionaris partai mulai dari pengurus DPC, PAC, Ranting, Badan dan Sayap untuk terus sosialisasikan pencegahan stunting ditengah masyarakat,” ujar Gatot Wibowo.

Lanjut dia, pihaknya bersama Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Tangerang bertugas mengawal program-program yang bermanfaat bagi masyarakat, seperti pembangunan fisik dan SDM, termasuk penanganan kasus stunting.

“Kegiatan ini kami juga libatkan DP3AP2KB Kota Tangerang dan BKKBN Provinsi Banten untuk berikan penyuluhan, ada juga pendampingan ibu hamil agar dalam menghadapi kehamilan sampai proses persalinan tidak gugup, tidak panik, serta berjalan lancar,” tuturnya.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Tangerang, Andri S. Permana menambahkan, pihaknya dalam berbagai kesempatan turun ke masyarakat selalu membahas stunting. Stunting ini memang jadi prioritas agar angkanya dapat dikurangi.

Menurutnya, peran Pemkot Tangerang sudah sangat besar untuk mengatasi stunting ini, yakni sudah membuat tim yang diinisiasi oleh Badan Perencanaan Daerah dan perencanaannya sudah matang di enam OPD teknis.

“Jadi, tidak hanya Dinas Kesehatan dan DP3AP2KB saja melainkan juga ada Dinas Perkim, Dinas Sosial, dan Satpol PP dilibatkan,” ujarnya.

Selain itu, Andri menegaskan, pihaknya tetap berupaya mengawal peningkatan kesejahteraan kader-kader Posyandu yang ada di Kota Tangerang.

“Atensi penuh untuk kebutuhan ibu-ibu sekalian termasuk upaya meningkatan kesejahteraan kader posyandu yang ada di Kota Tangerang,” pungkasnya.