Hasanudin BJ Siap Menjadi Ketua LPM Kota Tangerang, LPM Harus Menasional

Hasanudin Bije Siap Menjadi Ketua LPM Kota Tangerang, LPM Harus Menasional
Hasanuddin Bije, (tiga dari kiri) Calonkan Diri Menjadi Ketua LPM Kota Tangerang. Rabu, (5/7). Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Mantan anggota DPRD Kota Tangerang yang juga  pemerhati sosial dan pemerintahan Hasanudin BJ mendaftarkan diri sebagai calon Ketua DPD  Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Tangerang periode 2023-2028. Hasanudin BJ maju dengan  dukungan  11 DPC/tingkat kecamatan.

Proses pendaftaran dilakukan pada Rabu (05/07/2023) siang kurang lebih pukul 13.30 WIB di Sekretariat panitia pendaftaran di salah satu rumah makan di Jalan Veteran Kota Tangerang dengan disaksikan sejumlah pengusungnya.

Diawali dengan pengisian formulir dan penyerahan berkas, mantan politisi  PDI Perjuangan ini menjadi orang pertama yang mendaftar.

Proses pemilihan calon Ketua DPD LPM Kota Tangerang sendiri bakal dilaksanakan dalam agenda  Musyawarah Daerah (Musda) pada 15-16 Juli 2023 mendatang di Bumi Gumati  Sentul, Bogor, Jawa Barat.

“Pendaftaran dan verifikasi calon Ketua DPD LPM Kota Tangerang  sebenarnya sudah dibuka sejak 1 Juli 2023 dan sampai hari ini baru satu orang yang  mendaftar untuk maju sebagai kandidat ketua yakni atas nama Hasanudin Bije yang diusung dari  Kecamatan Tangerang,” kata Sekretaris Panitia, Arief MS.

Ada pun pengusung rekomendasi ujarnya ada 11 kecamatan. Jumlah rekomendasi usungan itu pun sudah melampaui persyaratan minimal yakni 3 kecamatan.

“Satu kecamatan tidak boleh mengusung lebih dari satu kandidat,” katanya.

Ada pun tahapan pendaftaran calon ketua akan berlangsung sampai tanggal 9 Juli 2023 mendatang.

“Tanggal 9 Juli  masih kita tunggu berapa yang mau mendaftar,” ucapnya.

Dia juga menyebutkan tidak ada batas  maksimal kandidat yang boleh mendaftar selama membawa jumlah minimal dukungan.

Sementara, Hasanudin BJ yang ditanya apa motivasi dirinya mencalon diri sebagai Ketua LPM  adalah lantaran menganggap bahwa LPM merupakan salah satu ormas terbesar serta bersifat nasional dari pusat sampai daerah.  Hanya saja pergerakannya dianggap belum menasional.

“Untuk di daerah-daerah saya rasa pergerakannya masih lamban. Keinginan saya bersama dengan  teman-teman adalah LPM bergerak bersama pemerintah untuk melakukan pembangunan di daerah.  Menjadi mitra yang sejajar, seimbang dan diakui juga berdasarkan UU yang ada sehingga bisa juga  membantu daerah yang dalam rangka pembangunan di lingkungan masing-masing,” katanya.

Terlebih ujarnya pemerintah tidak bisa bergerak sendiri tanpa masyarakat, termasuk tentu saja ormas yang  sejalan.

“Ke depan tentu saja LPM bersama teman-teman DPC termasuk di kelurahan berharap ikut  melibatkan ormas, terutama LPM,” katanya.

Disinggung mengenai visi misi, Bije mengatakan ingin mewujudkan LPM yang seimbang dengan pemda.

“Ada pun misi saya adalah menciptakan profesionalisme dalam berorganisasi serta menjadi  mitra kerja pemerintah di daerah dalam membangun kota yang berkeadilan,” katanya.

Untuk  diketahui, kandidat ketua LPM nanti bakal memperebutkan 15 suara yang terdiri dari 13 suara DPC, 1 suara  DPD dan 1 suara tingkat provinsi.