HANI 2023, BNN Kota Tangerang Deklarasi Pencanangan Kelurahan Bersih dari Narkoba, ‘Tangerang Ayo Bersinar’

HANI 2023, BNN Kota Tangerang Deklarasi Pencanangan Kelurahan Bersih dari Narkoba, 'Tangerang Ayo Bersinar'
Apel Deklarasi Pencanangan Kelurahan Bersinar di Kelurahan Karawaci Baru, Dipimpin Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah. Senin (26/6). Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tangerang memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2023 berpusat di Kelurahan Karawaci Baru, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Banten. Senin 26 Juni 2023 pagi.

Apel Deklarasi Pencanangan Kelurahan Bersinar (Bersih dari Narkoba itu bertajuk ‘Akselarasi War On Drugs Menuju Indonesia Bersinar’ di pimpin Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah.

Kepala BNN Kota Tangerang, Kombes Pol Ichlas Gunawan mengungkapkan terima kasih atas dukungan pemerintah kota (Pemkot) Tangerang atas terselenggaranya deklarasi pencanangan kelurahan bersinar sekaligus penandatangan ikrar anti narkoba.

“Kelurahan bersinar Karawaci Baru ini sudah dibangun sejak awal tahun 2023 kemarin, tepatnya di bulan Januari, dan sudah dibentuk agen pemulihan, IBM, Penggiat masyarakat. Dan seluruhnya telah melakukan kegiatan-kegiatan mulai dari tahap pencegahan hingga pada penanggulangan dalam bentuk rehabilitasi,” terang Kombes Pol Ichlas Gunawan kepada Pelitabanten.com usai kegiatan.

Ia mengungkapkan, di Kelurahan Bersinar Karawaci Baru, BNN kota Tangerang cukup berbangga hati lantaran petugas agen pemulihan yang dibentuknya sudah mampu mendapatkan pasien atau klien dari masyarakat yang mau melakukan rehabilitasi.

“Kita tahu untuk mendapatkan klien itu tidak gampang, bagaimana meyakinkan pengguna narkoba bahwa rehabilitasi adalah bagian terpenting dalam memutus jaringan narkoba itu sendiri,” ungkapnya.

Menurut Ichlas, BNN kota Tangerang memiliki tanggung jawab secara moral bersama dengan Forkopimda Kota Tangerang untuk memutus mata rantai peredaran gelap Narkoba. Sebab, Kata Dia, kota Tangerang merupakan wilayah yang banyak di kunjungi baik pendatang maupun wilayah persinggahan sementara, Kota Tangerang ada Bandara Internasional Soekarno-Hatta, ada terminal antar kota antar propinsi, dan pergerakan manusia tinggi sekali di Kota Tangerang,

“Rencananya nanti juga akan ada beberapa kampung-kampung tematik yang ada di kota Tangerang bekerjasama dengan BNN kota Tangerang ada kampung bersinar. Jadi, harus ada pemahaman yang sama bahwa tidak ada suatu tempat atau profesi yang lolos dari ancaman bahaya narkoba. Namun, jika masyarakat kota Tangerang sudah bergelora menyatakan perang terhadap narkoba, insyaallah itu akan kita wujudkan yaitu bersih dari narkoba,” papar Ichlas.

Ia menjelaskan, upaya yang telah dilakukan BNN Kota Tangerang sudah memiliki 120 penggiat, 40 agen pemulihan dan ada agen pemulihan mandiri juga yang dibentuk IBM, itu BNN Kota Tangerang dampingi terus.

Kepala BNN kota Tangerang itu pun memastikan dengan berbagai program yang dilakukan bersama dapat dipastikan akan berdampak pada penurunan angka pengguna narkoba di Kota Tangerang.

“Saya pastikan Iya menurun, dan itu harus dibarengi dengan meanset kita bahwa wilayah kota Tangerang bisa lolos dari peredaran narkoba,. Sebab, kota Tangerang merupakan wilayah yang banyak di kunjungi baik pendatang maupun singgah sementara, di sini ada Bandara Soekarno-Hatta, ada terminal antar kota antar propinsi, jadi pergerakan manusia tinggi sekali di Kota Tangerang, dengan moto ‘Tangerang Ayo Bersinar’,” urainya. (*)