Gandeng IBM Pinang, BNN Kota Tangerang Menyosialisasi P4GN Sasar Siswa Sekolah

Ganden IBM Pinang, BNN Kota Tangerang Menyosialisasi P4GN Sasar Siswa Sekolah
BNN Kota Tangerang Bersama IBM Pinang Gelar Sosialisasi P4GN di SMKN 5 Kota Tangerang. Jumat (26/5). Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Gandeng organisasi Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) Pinang, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tangerang mengelar sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) menyasar kaum Milenial yang masih duduk di bangku sekolah.

Kegiatan kali ini, berlangsung di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 kota Tangerang, di Panunggangan Utara, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Banten. Jumat (26/5/2023).

Kepala BNN Kota Tangerang, Kombes Pol Ichlas Gunawan mengatakan Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah dan meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya dikalangan pelajar tentang bahaya narkoba dilingkungan sekolah maupun pergaulan diluar lingkungan sekolah.

“Kaum milenial (pelajar,red) adalah sasaran utama kita, dan ini tentang pencegahan dini akan bahaya narkoba, dampak dan kerugiannya pelajar Kota Tangerang harus memahami itu,” kata Dia.

Diketahui, sosialisasi tidak hanya diikuti oleh seluruh siswa dan siswi SMKN 5, dewan guru dan seluruh  staf sekolah juga dilibatkan agar lebih dapat menekankan bahwa bahaya narkoba dapat menyerang siapa saja dan dimana saja.

“Maka, pentingnya mencegah penyalahgunaan narkoba sejak dini, bahayanya lingkungan serta pergaulan bebas tidak bisa di pungkiri adalah gerbang awal narkoba memasuki ruang lingkup kehidupan generasi penerus bangsa kita,” tandas Ichlas.

Ia pun mencontohkan, bisa saja para remaja yang masih berstatus pelajar ini  terpengaruh oleh teman yang memakai narkoba, lingkungan dan pergaulan bebas dapat dicegah melalui berbagai edukasi.

“Gejala-gejala penyalahgunaan narkoba, seperti perubahan perilaku dan penampilan fisik yang sangat mencolok, sekolah dan orang tua harus tahu itu, maka sosialisasi dilakukan BNN Kota Tangerang dan IBM Pinang akan masif kita gelar bersama,” ungkapnya.

Ichlas pun mengingatkan bahwa narkoba tidak hanya merugikan kesehatan fisik seseorang, tetapi juga dapat merusak karir dan masa depan seseorang.

“Kita nyatakan perang terhadap narkoba, pelajar berprestasi bebas dari narkoba,” pungkasnya.

Sementara Ketua IBM Pinang, Nur Alqomah akrab di sapa Zigo mengungkapkan, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran semua kalangan masyarakat terlebih kaum remaja, bagaimana bahaya narkoba dapat merusak hidup hingga menyebabkan kematian.

“Menggunakan narkotika dan zat berbahaya itu menghancurkan masa depan, Induk dari semua kejahatan adalah narkotika,” katanya.

Dengan menggandeng BNN Kota Tangerang, IBM Pinang berharap semua pihak yakni orang tua, guru, lingkungan masyarakat, dan remaja itu sendiri untuk melek terhadap bahaya narkoba, cegah sedini mungkin dan jangan pernah mencoba sekalipun untuk menggunakan narkoba.

“Berantas narkoba, mari ciptakan lingkungan yang bersih dari narkoba, generasi muda Kota Tangerang harus sehat dan produktif, prestasi Yes, narkoba No,” seru Zigo. (*)