Family Gathering, Mahasiswa Untara – Cakra Inti Indonesia jadi Ajang Silaturahmi

Family Gathering Mahasiswa Universitas Tangerang Raya (Untara) - Cakra Inti Indonesia.
Family Gathering Mahasiswa Universitas Tangerang Raya (Untara) - Cakra Inti Indonesia.

PELITABANTEN.COM – Mahasiswa Universitas Tangerang Raya (Untara) – Cakra Inti Indonesia kembali menggelar kegiatan Family Gathering Batch II yang dilaksanakan secara marathon selama dua hari, bertempat di wisata villa khayangan Bogor, Jawa Barat disambut antusias oleh para audiens yang notabene adalah para mahasiswa program sarjana dan pasca sarjana.

Ketua Yayasan Cakra Inti Indonesia, Mubarok mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka membangun silaturahmi, kerjasama, relasi dan hubungan kekeluargaan yang baik antar mahasiswa sebagai kaum terdidik yang memiliki kapasitas kecerdasan intelektual, etika, moral, spiritual dan kepedulian sosial tinggi untuk bersama-sama menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam membangun keberagaman.

“Family gathering merupakan serangkaian kegiatan yang diadakan oleh Yayasan Cakra Inti Indonesia dan Universitas Tangerang Raya (Untara) dalam rangka mempererat hubungan kekeluargaan antar mahasiswa serta membangun kebersamaan. Dalam kegiatan itu dilaksanakan evaluasi akademik dan kegiatan belajar mengajar mahasiswa dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas Akademik yang baik,” ujarnya kepada Wartawan dikutip, Jum’at (9/9/22).

Menurut Mubarok, tujuan dari diadakannya acara itu adalah untuk membangun keakraban dan mempererat hubungan kekeluargaan antara mahasiswa dengan Dosen, mahasiswa dengan kampus dan antar mahasiswa.

“Selain itu, juga menjalin relasi dan meningkatkan kerjasama antar mahasiswa yang berkualitas untuk menghasilkan SDM unggul, memiliki kemampuan akademik yang baik, profesional, berjiwa enterpreneur, mandiri dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi juga diharapkan dapat dilakukan oleh semua peserta kedepan,” beber Pria lulusan Magister Manajemen ini.

Yayasan Cakra Inti Indonesia, sambung Mubarok, mulai tahun ajaran 2022/2023 mengeluarkan program khusus Beasiswa Parsial untuk calon mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan studi ke jenjang S-1 dan S-2.

Mahasiswa Universitas Tangerang Raya (Untara) - Cakra Inti Indonesia.
Mahasiswa Universitas Tangerang Raya (Untara) – Cakra Inti Indonesia.

“Beasiswa tersebut, memberikan banyak kemudahan dalam menempuh pendidikan para calon mahasiswa, mulai dari biaya kuliah, belajar via daring, konsultasi skripsi dan tesis, serta kemudahan lain untuk mempermudah dan memberikan akses pendidikan kepada semua masyarakat Indonesia yang akan melanjutkan studinya. Manajemen kampus berharap calon mahasiswa tidak ragu dalam mengikuti perkuliahan karena setelah menjadi mahasiswa tentu akan terdaftar di https://pddikti.kemdikbud.go.id/ sebagai salah satu syarat sebagai mahasiswa yang diakui oleh Pemerintah,” imbuhnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Tangerang Raya, Ir. H. Moh. Mardiyana, M.M., P.hD melalui Kepala HRD Personalia Untara Rika Nurhidayah, S.Kom., M.M yang hadir pada agenda itu mengapresiasi kegiatan family gathering, dia mengatakan kegiatan tersebut merupakan ajang silaturrahmi agar saling mengenal lebih dalam, karena ada istilah tak kenal maka tak sayang.

“Terima kasih apresiasi setinggi – tingginya, saya senang banget melihatnya dengan kekompakan dengan keluasannya ini diluar dari pada ranah pembelajaran, jadi ini mungkin aslinya dari mahasiswa mahasiswi Universitas Tangerang Raya biasanya mungkin entah di sekolah, entah di tempat kerja, kalian masih bisa jaga image kalian, sama seperti saya, tapi kalau sudah tau aslinya ini lah aslinya. Sekali lagi saya Apresiasi kepada Pak Mubarok dan jajarannya serta para mahasiswa,” paparnya dihadapan para mahasiswa saat sambutan

Ditempat yang sama, ketua Organizing Committe Ahmad Solihin menambahkan, ada sebanyak 220 peserta datang dengan antusias dan berpartisipasi mengikuti acara tersebut dari berbagai daerah diantaranya, dari Batam Kepulauan Riau, Kotabaru Kalimantan Selatan, Malaka Nusa Tenggara Timur, Medan Sumatera Utara, Berau Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan seluruh Indonesia.

“Seluruh mahasiswa sangat senang hadir dalam kegiatan Family Gathering dan berharap kedepan diadakan kembali kegiatan yang sama, agar antar mahasiswa saling menjalin kekeluargaan,” katanya.

Solihin menguraikan, kegiatan dilaksanakan dalam bentuk Acara formal dan non formal diantaranya Pemberian Materi oleh Para Dosen, Focus Group Discussion, Bimbingan Akademik dan Evaluasi Akademik. Kegiatan Non Formal Antara lain : Malam keakraban, Api unggun, Renungan malam, penampilan kesenian, Kreasi mahasiswa, Out bound, games, Tadabbur alam. Kegiatan Evaluasi Akademik diantaranya : Pembagian Dosen Pembimbing Akademik, Pemberian Surat Aktif Kuliah Akademik, Kartu Rencana Studi, Kartu Hasil Studi, berikut IPK Mahasiswa, Kartu tanda Mahasiswa.

Tambah Solihin, dimulai dengan pembukaan acara pada pukul 10.00 WIB, dilanjutkan Focus Group Discussion Pertama (FGD ke-1), dan Malam Keakraban dihari pertama yang berlangsung hingga pukul 23.00 WIB. Selain berdiskusi, berbagi ilmu dan pengalaman para mahasiswa juga disuguhkan hiburan, baik dari peserta sendiri maupun penyanyi yang sudah disediakan panitia.

“Sementara dihari kedua setelah melaksanakan shalat subuh berjamaah, kegiatan dimulai dengan senam pagi bersama, Out Bond, Focus Group Discussion (FGD ke-2), dilanjutkan pembagian dokumen kemahasiswaan yaitu Kartu Hasil Study (KHS) IPK Mahasiswa, Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), Kartu Rencana Study (KRS) Semester II, Surat Aktif Kuliah Seluruh Mahasiswa, Pemberian Penghargaan Peserta Terbaik, dan Pemberian Penghargaan Panitia Terbaik oleh pihak kampus, dan diakhiri penutupan acara pada pukul 14.00 WIB, (03/09/22),” pungkasnya.