Duka Gempa Cianjur, Perempuan Demokrat Republik Indonesia Salurkan Logistik

Duka Gempa Cianjur, Perempuan Demokrat Republik Indonesia Salurkan Logistik
Perempuan Demokrat Republik Indonesia (PDRI) Salurkan Bantuan Logistik Untuk Korban Gempa Cianjur, Jawa Barat. Foto Pelitabanten.com (Ist)

TANGERANG, Pelitabanten.com – Bencana gempa bumi yang melanda wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada 21 November 2022 lalu, turut memantik Perempuan Demokrat Republik Indonesia (PDRI). PDRI melakukan aksi kemanusiaan peduli gempa, dengan menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana alam tersebut.

Penyaluran bantuan diserahkan langsung oleh Ketua Umum PDRI Siti Nur Azizah pada Rabu, 30 November 2022. Putri Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin tersebut menyampaikan, pihaknya turut prihatin atas musibah yang dialami masyarakat Cianjur.

“Gempa di Cianjur mengguncang hati kita sebagai anak bangsa, karenanya kita harus berbuat sesuatu. Kebetulan saya aktif di berbagai organisasi, melalui jaringan yang ada hari ini, saya, dan kawan-kawan hadir untuk menyapa dan memberikan dukungan bagi masyarakat Cianjur korban gempa,” ujarnya.

Bantuan PDRI berupa logistik seperti beras, minyak, gula, perlengkapan rumah tangga, dan sejumlah makanan untuk anak-anak serta perlengkapan salat disalurkan kepada masyarakat yang menjadi korban gempa bumi.

Adapun sasaran penerima bantuan kepada penyintas bencana yang kini tinggal sementara di tenda darurat, seperti di Desa Cibulakan, Desa Nagrak, Desa Limbangan Sari, dan Desa Wargaluyu. Selama berada di Cianjur, Azizah turun langsung mengunjungi lokasi-lokasi tersebut.

“Kami turun di empat lokasi dan penyaluran bantuan juga difokuskan ke titik-titik yang memang belum banyak tersentuh bantuan,” jelas penulis buku Towwards Halal ini.

Azizah melanjutkan, dirinya meyakini bahwa masyarakat Cianjur merupakan masyarakat yang kuat. Meskipun saat ini sedang menderita dan menghadapi cobaan, masyarakat Cianjur nantinya pasti segera pulih.

Prinsipnya, kata dia, masyarakat korban gempa harus segera mendapatkan bantuan. Selain itu, kelompok rentan seperti anak-anak, perempuan, dan lansia pun harus diprioritaskan.

“Kita semua harus mendukungnya. PDRI siap bergandeng tangan untuk memulihkan Cianjur. Kita akan dorong semua tahapan penanganan bencana berjalan dengan lancar, mulai dari bantuan darurat, inventarisasi kerusakan, pemulihan, rehabilitasi, dan rekonstruksi semua harus berjalan dengan baik,” ucapnya.

Azizah pun berharap, bantuan yang disalurkan PDRI bisa bermanfaat, sebagai upaya meringankan beban para warga terdampak gempa.

“Cepat kembali pulih, mendapatkan perhatian, dan prioritas dari pemerintah daerah dan pusat, agar warga Cianjur bisa kembali bangkit, sehingga masyarakat bisa beraktivitas norma dan anak-anak bisa kembali ke sekolah,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Gempa bermagnitudo 5,6 skala richter mengguncang Cianjur, Jawa Barat, pada Senin, (21/11/22), kekuatan guncangan menyebabkan ratusan rumah warga hancur, ratusan jiwa meninggal dunia dan ratusan korban luka-luka.

Gempa yang terjadi sekira pukul 13.21 WIB itu pun dirasakan juga di sejumlah wilayah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).