News Kota Tangerang Disdukcapil Kota Tangerang Luncurkan Layanan Cetak Akta Kelahiran dan Kematian di Kelurahan

Disdukcapil Kota Tangerang Luncurkan Layanan Cetak Akta Kelahiran dan Kematian di Kelurahan

Inovasi Layanan Cetak Akta Kelahiran dan Kematian di Kelurahan Pilihan oleh Disdukcapil Kota Tangerang Diresmikan Wakil Wali Kota Sachrudin. Foto Pelitabanten.com (Istimewa)
Hari Guru Dinkes Tangsel

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Untuk mencapai target cakupan kepemilikan akte kelahiran anak tahun 2021 serta dalam rangka perayaan HUT Kota Tangerang ke 28, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang meluncurkan layananan Cetak Akta Kelahiran dan Kematian di Kelurahan Pilihan (CAK3P).

Dalam peluncuran kegiatan, Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin menyampaikan apresiasi kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tangerang dalam menciptakan inovasi pelayanan yang semakin memudahkan masyarakat.

Yaitu dalam membuat surat-surat kependudukan sekaligus memberikan secara simbolis berkas kependudukan kepada warga setempat.

“Saya sampaikan apresiasi kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tangerang atas inovasi yang telah dibuat, sehingga masyarakat jadi lebih mudah dan lebih dekat untuk mengurus berkas kependudukan,” sebut Sachrudin saat memberikan sambutannya di Kelurahan Karang Tengah pada, Senin (22/2/2021).

Warga cukup datang ke Kelurahan untuk pengajuan berkas dan mengambilnya kembali di kantor Kelurahan.

Baca Juga:  Satresnarkoba Polresta Tangerang Polda Banten Meringkus 2 Pengedar Sabu

“Jadi seterusnya warga tinggal datang ke Kelurahan untuk pengajuan dan mengambilnya kembali berkas kependudukan yang sudah jadi di Kelurahan. Semuanya gratis, tidak dipungut biaya,” jelas Wakil.

Mendampingi Wakil Wali Kota Tangerang, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang Rd. Rina Hernaningsih menyebutkan bahwa sudah terdapat 74 Kelurahan yang menyelenggarakan pelayanan CAK3P mulai hari ini.

“Dari 104 Kelurahan 74 diantaranya sudah bisa melakukan pelayanan CAK3P per hari ini, sisanya akan secara bertahap untuk bergabung dalam pelayanan tersebut, ini menjadi salah satu alternatif pelayanan kepada mereka yang masih kurang mengerti dengan pelayanan online yang dilakukan oleh kami ” tutup Rina.