Disdik Kota Tangerang Laksanakan Sanlat Ramadan Tingkat SD dan SMP

Disdik Kota Tangerang Laksanakan Sanlat Ramadan Tingkat SD dan SMP
Pesantren Kilat (Sanlat) pelajar Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com (*/Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Tingkatkan keimanan dan ketakwaan Kepada Allah SWT di bulan suci ramadan 1444 Hijriah 2023 Masehi, para siswa dan siswi di Kota Tangerang.

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pendidikan (Disdik) melaksanakan Pesantren kilat (sanlat) Ramadan bagi seluruh siswa dan siswi di jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kegiatan ini dimulai sejak Senin, (3/4/2023) hingga Kamis (6/3/2023).

“Jadi, untuk meningkatkan ketakwaan dan keimanan para siswa dan siswi di bulan ramadan ini, dilaksanakan Pesantren Ramadan bagi jenjang SD hingga SMP. Nanti, mereka akan diberikan materi-materi yang sudah disiapkan oleh Dinas Pendidikan terkait penguatan karakter, baca tulis Al-Quran, tauhid, hadist, zakat, dan sebagainya,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan, Jamaluddin.

Salah satu sekolah yang melaksanakan kegiatan Pesantren Ramadan ini yaitu SMP 16 Kota Tangerang.

Dijelaskan oleh Kepala Sekolah SMP 16 Kota Tangerang, Udin Syamsudin bahwa kegiatan Pesantren Ramadan ini dilaksanakan hingga Kamis, (06/04/23) mendatang.

Sebanyak 360 siswa kelas IX mengikuti kegiatan Pesantren Ramadan secara luring, untuk kelas VII dan VIII secara daring, dan akan bergantian hingga hari terakhir.

“Untuk siswa muslim kelas IX hari ini ada sebanyak 360 siswa yang hadir secara luring. Untuk kelas VII dan VIII hari ini dilaksanakan secara daring. Nanti akan bergiliran kelasnya untuk yang luring dan daring,” ungkap Udin.

Diharapkan, dengan adanya kegiatan Pesantren Ramadan ini dapat meningkatkan keimanan para siswa dan dapat mewujudkan anak-anak yang berakhlakul karimah.

“Kami berharap, dengan adanya kegiatan Pesantren Ramadan ini dapat meningkatkan keimanan para siswa dan dapat mewujudkan anak-anak yang berakhlakul karimah. Sehingga, apa yang didapat dari kegiatan ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya.