Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Gelar Gerakan Pangan Murah untuk Tekan Inflasi

dalam rangka Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan di halaman parkir perkantoran Gedung Usaha Daerah (GUD) Pemkab Tangerang, Foto. (Istimewa)
dalam rangka Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan di halaman parkir perkantoran Gedung Usaha Daerah (GUD) Pemkab Tangerang, Foto. (Istimewa)

TANGERANG,Pelitabanten.com-Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) dalam rangka Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan di halaman parkir perkantoran Gedung Usaha Daerah (GUD) Pemkab Tangerang, Selasa (11/06/2024).

Kepala DPKP, Asep Jatnika, mengatakan tujuan GPM dalam rangka menjaga Stabilitas Pasokan dan harga Pangan (SPHP). GPM sebagai antisipasi, mitigasi, dan penanggulangan kekurangan pangan yang dapat berdampak pada krisis pangan dan gizi, pengendalian inflasi, serta perlindungan produsen dan konsumen dari fluktuasi harga pangan.

Tujuan pelaksanaan kegiatan GPM adalah untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan serta mendukung pengendalian inflasi di Kabupaten Tangerang.

“Adapun komoditas yang dijual dalam kegiatan tersebut antara lain, beras, bawang putih, bawang merah, aneka cabe, telur ayam ras, daging ayam ras, daging sapi, minyak goreng, sayur mayur, gula konsumsi, terigu dan produk UMKM dan pangan lokal lainnya,” ujarnya.

Dia mengatakan, semua harga bahan pokok di bawah harga pasar. Karena itu, masyarakat Kabupaten Tangerang bisa langsung memanfaatkan Gerakan Pangan Murah.

“Alhamdulillah banyak masyarakat yang berdatangan untuk berbelanja bahan pokok, karena memang kegiatan seperti ini sangat membantu untuk masyrakat khususnya Kabupaten Tangerang,” tuturnya.

Menurut dia, GPM sangat membantu masyarakat agar dapat memperoleh bahan pangan dengan harga yang terjangkau di bawah harga pasar, serta menjaga etersediaan pasokan dan harga pangan guna menekan inflasi di Kabupaten Tangerang.

“Mudah-mudahan ini bisa membantu masyarakat dalam rangka pemenuhan sembako untuk hari ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Anis sebagai pembeli bahan pokok mengatakan, dengan adanya GPM ini sangat membantu masyrakat di karenakan harganya yang di bawah harga pasar.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang yang sudah mengadakan Gerakan Pangan Murah, ini benar-benar sangat membantu masyarakat, dan saya berharap kegiatan ini bisa di adakan secara rutin mungkin 1 bulan sekali,” tuturnya.

Sebagai informasi, adapun harga komoditas bahan pokok yaitu, Beras 5Kg 57.500, Telur 26.000 /Kg, Minyak 16.500 /Lt, Gula Pasir 17.500 /Kg, Daging Ayam Beku 32.500/Kg, Daging Sapi Beku 110.00/Kg.

Pada kesempatan tersebut, sekitar pukul 10.00 WIB Pj Bupati Tangerang Andy oni berkesempatan hadir langsung meninjau stand GPM dan berbincang dengan pelaku usaha pangan peserta Gerakan Pangan Murah.