Diapresiasi Kapolda, Wali Kota Sampaikan Capaian Vaksinasi di Kota Tangerang

Diapresiasi Kapolda, Wali Kota Sampaikan Capaian Vaksinasi di Kota Tangerang
Vaksinasi Serentak di Kota Tangerang. Foto Ahmad Syihabudin Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Pemerintah Kota Tangerang bersama dengan jajaran Polres Metro Tangerang Kota serta Dandim 0506/Tgr terus berupaya secara optimal untuk mensukseskan program vaksinasi Covid-19 melalui gerai – gerai vaksinasi di berbagai penjuru kota.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menuturkan upaya ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Presiden Republik Indonesia untuk optimalisasi vaksinasi dengan sasaran prioritas lansia dan anak – anak.

“Di Kota Tangerang gerai vaksinasi tersebar di 104 kelurahan yang dilakukan oleh Puskesmas dan juga Polri serta TNI,” ungkap Wali Kota saat menerima kunjungan Kapolda Metro Jaya Irjen. Fadil Imran dalam kegiatan vaksinasi masal di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Jumat (18/2/2022).

Arief menggambarkan, secara garis besar capaian vaksinasi di Kota Tangerang untuk kategori lansia dan juga anak – anak telah melampaui target, dimana untuk kategori lansia dosis satu telah mencapai angka 84,4% dan dosis dua sebanyak 71,6%.

“Sementara untuk anak, dosis satu sebesar 86,4% dan dosis dua 61,4%,” beber Wali Kota.

Untuk mendukung optimalisasi, lanjut Wali Kota, Pemkot telah membentuk gerai – gerai vaksinasi dengan total sebanyak 90 gerai yang merupakan kerjasama dengan Polres Metro Tangerang Kota, Kodim 0506/Tgr dan rumah sakit.

“Selain itu juga dengan cara vaksinasi door to door di lingkungan masyarakat,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil Imran dimana capaian vaksinasi di Kota Tangerang tergolong memuaskan, akan tetapi untuk kelompok lansia dan juga anak – anak masih menjadi prioritas.

“Saya sampaikan apresiasi kepada jajaran Forkopimda di Kota Tangerang untuk capaian ini,” ujarnya.

Menurutnya, capaian vaksinasi di Kota Tangerang berdasarkan data yang ada sudah mencapai 100 persen, namun demikian vaksinasi khusus untuk lansia bakal lebih di maksimalkan capaiannya.

“Vaksinasi ini penting bagi usia rentan (lansia) terlebih yang memiliki komorbid, 60 persen kematian pasien Covid-19 itu karena belum di vaksin dan lansia yang memiliki komorbid,” kata Fadil.

Sebagai informasi, dalam kegiatan Vaksinasi Masal di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang tersebut digelar dengan target sebanyak 1.300 masyarakat dengan kategori umum, lansia dan juga anak – anak usia 6 sampai 11 tahun.