Di Triwulan ke 2, Pajak PBB dan BPHTB Kabupaten Tangerang Capai Rp 605 Miliar

Dwi Chandra Budiman Kepala Bidang PBB dan BPHTB pada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang.
Dwi Chandra Budiman Kepala Bidang PBB dan BPHTB pada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang.

KABUPATEN TANGERANG, Pelitabanten.com – Kepala Bidang Pajak Daerah PBB­P2 dan BPHTB Bapenda Kabupaten Tangerang, Dwi Chandra Budiman menyebutkan, pada Triwulan kedua perolehan pajak dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) di wilayah sudah mencapai Rp605 Miliar.

Untuk jumlah realisasi pajak dari sektor PBB jelas Dwi telah mencapai Rp 133 miliar dari target APBD murni sebesar Rp. 490 miliar.

“Dari sektor PBB realisasi sudah mencapai Rp 133 miliar atau sekitar 27% dari target APBD Murni Rp 490 Miliar,” ujar Dwi,

Sedangkan untuk perolehan dari sektor BPHTB lanjut Dwi, Kabupaten Tangerang sudah berhasil mengumpulkan sebesar kurang lebih 472 Miliar dari target APBD murni 2022 sebesar 742 Miliar.

“Alhamdulillah kalau dari sektor BPHTB kurang lebih sudah 63% yaitu sebesar Rp.472 Miliar,” ungkapnya

Dwi menuturkan, pada triwulan kedua ini tidak ada capaian target. Namun, Lanjut Dwi, secara persentase perolehan nominal tersebut masih akan terus berjalan sesuai proyeksi dari target gabungan kedua sumber pajak tersebut yang mencapai Rp.1,2 Triliun lebih di Tahun 2022 ini.

“Secara APBD tidak mengenal target per bulan, triwulan atau semester, yang ada tahunan, dan sampai saat ini masih sesuai On the Track,” tuturnya.

Dwi menambahkan, dengan memberikan kemudahan dari aspek pelayanan pada UPT pajak daerah, dan saat ini juga pihaknya terus mengembangkan aplikasi berbasis IT.

Maka itu, Dwi mengajak untuk para wajib pajak dapat berpartisipasi dalam rangka pemulihan ekonomi dan pembangunan Kabupaten Tangerang dengan selalu taat membayar pajak.

“Saat ini juga kita terus melakukan pengembangan pelayanan berbasis IT seperti, smart gov, ipbb kabupaten Tangerang, sicepot.tangerangkab.go.id, WA center, e-BPHTB, dan pembayaran saat ini jauh lebih mudah. Dapat dilakukan di BJB, kantor pos, Alfamart, indomart, Tokopedia, Bukalapak, OVO, Gopay, Link Aja dan Traveloka,” terangnya (red)

Avatar photo
087781634774