Catat! PBB-P2 dan BPHTB Sebagai Sumber Pembangunan Kota Tangerang

Catat! PBB-P2 dan BPHTB Sebagai Sumber Pembangunan Kota Tangerang
Sosialisasi PBB-P2 dan BPHTB Bapenda Kota Tangerang di Kecamatan Karawaci. Rabu (3/8). Foto Pelitabanten.com (*/Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Pemkot Tangerang melalui Badan Pendapatan Daerah menggelar kegiatan Sosialisasi Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) Tahun 2022.

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin membuka kegiatan dengan peserta yang merupakan petugas pengelola PBB-P2 dan BPHTB di kecamatan dan kelurahan di Kecamatan Karawaci, Jatiuwung, Periuk dan Cibodas.

Sachrudin pun menyebut bahwa pembayaran PBB-P2 dan BPHTB sebagai sumber pembangunan daerah, khususnya di Kota Tangerang.

“PBB-P2 dan BPHTB merupakan salah satu sumber PAD yang cukup berpotensi dalam keberlangsungan pembangunan,” ungkap Sachrudin saat membuka kegiatan yang berlangsung di aula Kecamatan Karawaci, Rabu (3/8/2022).

Karena potensi yang besar, lanjut Sachrudin, Pemkot Tangerang telah melakukan berbagai inovasi dalam pengelolaan PBB dan BPHTB sebagai upaya peningkatan partisipasi dan kemudahan masyarakat dalam membayar PBB dan BPHTB.

“Seperti pembayaran online, cetak mandiri e-SPPT, dan berbagai kemudahan lainnya,” jelasnya.

“Terlebih pada 30 September 2022 merupakan batas akhir jatuh tempo pembayaran PBB,” tambah Wakil.

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kiki Wibhawa yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan kegiatan sosialisasi PBB-P2 dan BPHTB akan dilaksanakan selama tiga hari dengan total peserta sebanyak 235 orang.

“Hari ini di Kecamatan Karawaci, diikuti peserta sebanyak 74 orang yang berasal dari tiga kecamatan,” terang Kiki.