Catat! BNN Kota Tangerang: 80 Kampung Tematik se-Kota Tangerang Segera Bersinar

Catat! BNN Kota Tangerang: 80 Kampung Tematik se-Kota Tangerang Segera Bersinar
Kombes Pol Ichlas Gunawan, Kepala BNN Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Pemerintah kota Tangerang bersama BNN Kota Tangerang secara masif terus menyatakan perang terhadap peredaran gelap narkoba di wilayah. Hal itu terbukti dengan segera menjadikan 80 kampung tematik di Kota Tangerang Bersinar (Bersih dari Narkoba).

Penegasan itu pun disampaikan Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah di Tangerang, Selasa (27/6).

“Karena berbagai kegiatan BNN Kota Tangerang sangat baik dan masif, maka kita dorong seluruh penggerak-penggerak masyarakat yang ada di kampung-kampung tematik ada kurang lebih sebanyak 80 yang akan kita undang, supaya nanti bisa menggerakkan kegiatan-kegiatan Intervensi Berbasis Masyarakat, guna pencegahan penanganan narkoba,” terang Arief.

Seperti diketahui, tahap pertama pencanangan kelurahan bersinar dilakukan di Kelurahan Karawaci Baru sebagai pilot project dan tahap kedua nanti ada 80 penggerak kampung tematik dengan membentuk Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) melalui kader-kader Bersinar.

“Di taman-taman tematik akan dilakukan bimbingan teknis, pelatihan dan pemantapan, kita akan juga mendorong kelompok organisasi masyarakat, seperti Pokdarkamtibmas, kader PSM, kader posyandu dan lain lain,” tandasnya.

Arief menegaskan, dengan adanya program tersebut, seluruh warga Kota Tangerang diharapkan dapat memahami, mengenali, dan mencegah peredaran narkoba di lingkungannya masing-masing.

“Harus kita akui bahwa kota Tangerang adalah daerah lintasan yang strategis menuju ke Ibu Kota Jakarta dan ke daerah pinggiran dan lain sebagainya. Jadi, sebagai daerah yang menjadi lokasi transisi kita harus mawas diri. Dan deklarasi pencanangan ini harus di ikuti oleh seluruh lapisan masyarakat, untuk mewujudkan kota Tangerang bersih dari narkoba,” kata Arief.

Ia menambahkan, Pemkot Tangerang juga akan meminta sekolah-sekolah yang ada di Kota Tangerang untuk terlibat dalam program memerangi bahaya peredaran gelap narkoba.

“Kita juga minta sekolah-sekolah, buatkan program teman curhat. Jadi, kalau ada masalah pribadi jangan sampai terjerumus menggunakan narkoba. akan kita kanalisasikan dan diberi solusi, karena semua ada solusi jangan ambil jalan singkat dengan terjerumus narkoba,” tuturnya.

Saat ini, terdapat 120 pegiat anti-narkoba yang terlibat dalam program Kelurahan Bersinar dan program Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) besutan BNN Kota Tangerang.

Hal itu disampaikan langsung Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tangerang, Kombes Pol. Ichlas Gunawan kepada Pelitabanten.com

“Mereka bertugas untuk menyosialisasikan bahaya narkoba serta melakukan rehabilitasi terhadap pengguna narkoba itu sendiri,” katanya.

“Pemberantasan narkoba harus melibatkan berbagai pihak termasuk pemerintah daerah. Maka itu, kami sertakan masyarakat yang masuk dalam Intervensi Berbasis Masyarakat,” sambung Ichlas.

Untuk diketahui, selain Kelurahan bersinar yang telah dibentuk di Kelurahan Karawaci Baru, BNN Kota Tangerang juga telah membentuk 7 kelurahan lain, yakni Poris Plawad Utara, Sangiang Jaya, Pinang, Cibodas Sari, Sukasari, dan Benda. Ke depan 104 kelurahan se-Kota Tangerang akan jadi Kelurahan bersinar.

“Nantinya, BNN Kota Tangerang bersama dengan Kesbangpol, Dinas Pendidikan dan Dispora Kota Tangerang yang memiliki kader pemuda akan melakukan bimbingan teknis kepada seluruh Kelurahan yang belum menjadi Kelurahan Bersinar,” pungkasnya.