Camat Legok Usulkan Revitalisasi Pasar Legok Berkonsep ‘Rada Modern’

Camat Legok Cucu Abdurrosyied saat rapat membahas revitalisasi Pasar Legok.
Camat Legok Cucu Abdurrosyied saat rapat membahas revitalisasi Pasar Legok.

KABUPATEN TANGERANG, Pelitabanten.com – Pemerintah Kecamatan Legok berinisiatif untuk mengusulkan merevitalisasi Pasar Legok kepada Pemkab Tangerang agar Pasar Legok itu menjadi lebih baik lagi.

Camat Legok Cucu Abdurrosyied mengungkapkan bahwa pasar Legok adalah salah satu pasar tradisional yang berada di Kecamatan Legok Kabupaten Tangerang. Menurutnya keberadaan Pasar Tradisional Legok kini kian menurun seiring dengan kehadiran pasar-pasar modern.

Saat ini kondisi pasar Legok yang terkesan kumuh, kotor, becek, gelap dan kurang tertata. hal tersebut merupakan stigma buruk bagi Pasar Legok, terlebih lagi pada waktu musim hujan banyak yang bocor dan tempat parkir kendaraannya pun belum mempunyai area parkir sendiri menjadi satu, sampai memenuhi jalanan di kawasan sekitar.

Pengunjung dan pengguna pasar pun harus berbagi berebut space yang sangat kecil dan tidak dapat menampung keseluruhan pedagang yang berada di pasar tersebut.

Sehingga badan jalan juga digunakan sebagai tempat parkir maupun ajang transaksi (Sudah tidak layak).

“Hari ini kami melaksanakan rapat koordinasi yang dihadiri oleh pihak Bappeda Kabupaten Tangerang, Perumda Pasar Niaga Kerta Raharja, Koramil 03 Legok, Polsek Legok, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Kelurahan Babakan serta perwakilan PT. Cikupa Raya Semesta selaku pengembang pasar sebelumnya, untuk membahas rencana revitalisasi Pasar Legok ini.” terangnya

“kenapa diperlukan revitalisasi pasar, ini berdasarkan hasil pengamatan dan peninjauan kami di lapangan, masyarakat Legok lebih banyak melakukan transaksi jual beli di pasar Curug, Pasar Korelet dan Pasar Parung Panjang dikarenakan kondisi Pasar Legok ini sudah tidak nyaman lagi.” Jelasnya.

Ia menambahkan bahwa tujuan Revitalisasi saat ini adalah untuk menata kembali Pasar Legok menjadi suatu pasar yang tertata dan memenuhi semua kebutuhan pengguna pasar tradisional Legok yang bersih dan nyaman.

“Selain itu kami juga berencana membuat ruang terbuka hijau disekitar pasar sehingga bisa memberikan manfaat lebih bagi Masyarakat Kecamatan Legok,”ujarnya

Ia berharap revitalisasi pasar tradisional Legok dengan konsep arsitektur ‘rada modern’ ini merupakan alternatif desain kawasan pasar di Kabupaten Tangerang sebagai salah satu target mengembangkan dan merevitalisasi kembali.

Camat Legok juga mengungkapkan dari pengamatan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa konsep revitalisasi Pasar Tradisional Legok harus iconic dan bisa merepresentasikan Kecamatan Legok yang memiliki keberanekaragaman seni dan budaya.

“Semoga rencana revitalisasi bisa dengan cepat terlakasana dengan melihat kebutuhan masyarakat Kecamatan Legok saat ini dan semoga bermanfaat di masa yang akan datang.” ungkapnya