Bupati Serang Serahkan Hibah Lahan untuk Gedung KPU dan Kemenag

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyerahkan dokumen hibah lahan ke Komisioner KPU.
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyerahkan dokumen hibah lahan ke Komisioner KPU.

KABUPATEN TANGERANG, Pelitabanten.com – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyerahkan hibah lahan untuk pembangunan Gedung Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Serang. Serah terima hibah lahan dan dokumen dilakukan oleh Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah kepada Ketua KPU, Abidin Nasyar dan Kepala Kemenag, Tubagus Syihabudin.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan hibah lahan yang diberikan untuk KPU dan Kemenag tepatnya di Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Serang Kecamatan Ciruas dan Kragilan. Adapun jumlah luas lahannya untuk KPU yakni seluas 4.320 meter persegi, dan untuk Kemenag seluas 3.162 meter persegi.

“Akan tetapi untuk Kemenag ada hibah juga untuk Mts Negeri 1 Ciruas seluas 9.560 meter persegi, untuk lahan MAN 1 Kragilan seluas 10.876 meter persegi,”ujar Tatu usai Serah Terima Hibah Lahan dan Dokumen dari Pemerintah Kabupaten Serang kepada KPU dan Kemenag Kabupaten Serang di Pendopo Bupati Serang pada Senin, 6 Desember 2021.

Pada sambutannya, kata Tatu, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag menyampaikan untuk Kemenag mulai dibangun pada tahun 2022 dari luas 3.162 meter persegi untuk tahap awal seluas 1.200 meter persegi mulai dibangun dua lantai. “Insya Allah tahun 2022 sudah bisa bangun, saya berharap kinerja Kemenag Kabupaten Serang bisa lebih terfasilitasi,” ucapnya.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyerahkan dokumen hibah lahan ke Jajaran Kemenag.

Namun untuk KPU, sebut Bupati Serang dua periode ini pihaknya masih menunggu dari KPU RI. Namun, dalam sambutannya Deputi Bidang Administrasi KPU RI menyampaikan sudah mengajukan kepada Pemerintah Pusat.

“Mudah-mudahan tahun 2022 KPU juga sudah bisa membangun supaya nanti di perhelatan di 2024 KPU sudah punya kantor yang layak, karena saat ini masih berkantor di Kota Serang,”terang Tatu.

Dengan adanya hibah lahan, Bupati Perempuan pertama di Kabupaten Serang ini berharap jika gedung dan lahan yang ada bisa di perluas untuk gudang penyimpanan alat-alat peralatan pemilihan kepala daerah (pilkada), pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg).

“Karena di tahun 2024 luar biasa satu tahun full, pasti sarana prasarana penunjangnya sangat di butuhkan oleh KPU,”ungkap Tatu.

Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Banten ini menjelaskan, dengan harapan baik Kemenag dan KPU bisa membangun pada tahun 2022 lantaran pihak Pemkab Serang hanya menghibahkan lahan tidak berikut bangunannya.

“Jadi yang membangun mereka sendiri, seperti halnya Mapolres Serang sudah lebih dahulu dan sudah beberapa tahun disana membangun sendiri. Begitu juga Kemenag, KPU dan ada beberapa lainnya seperti Kejari, BPN, jadi Insya Allah kita fasilitasi supaya kerja kita berkoordinasi lebih mudah karena dengan jarak yang lebih dekat,”papar Tatu.

Penyerahan hibah lahan, jelas Tatu, sebagai realisasi dari Pemkab Serang atas permintaan pihak KPU dan Kemenag. Namun untuk bangunannya, baik KPU dan Kemenag harus membangun sendiri karena anggaran Pemkab Serang tidak memungkinkan. “Jadi untuk bangunannya Kemenag dan KPU itu dari pusat,”terang Tatu.

Adapun untuk lokasinya, kata Tatu, tepatnya berjajar dengan gedung Mapolres Serang dilahan Puspemkab Serang yang luasnya 60 hektare di Kecamatan Ciruas dan Kragilan.

“Setelah bangunan Polres Serang itu Kejari, KPU, Bawaslu, Kemenag dan BPN paling ujung. Satu areal dengan OPD-OPD yang berada di tengah, kalau mereka disamping,”tuturnya.

Kepala Kanwil Kemenag Kabupaten Serang, Tubagus Syihabudin mengapresiasi dan penghargaan kepada Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah yang telah merealisasikan hibah lahan.

“Pokoknya penghargaan yang tertinggi. Dengan menerapkan PP Nomor 55 tahun 2007 bahwa keberadaan keagamaan dan agama harus di bantu oleh pemda, diantaranya ini sebagai apresiasi yang luar biasa,”ujarnya.

Tubagus Syihabudin mengatakan, bahwa pihaknya sudah menyampaikan kepada Sekjen Kemenag terkait bangunannya dan ditanggapi. Bahkan Kementrian Keuangan (Kemenkeu) pun sudah memberikan anggaran.

“Mudah-mudahan di 2022 akan dibangun tahap pertama 1.200 meter persegi, DED nya sudah dibuat. Insya Allah tanah yang diberikan bisa bermanfaat. Rencana Kemenag juga akan membangun Gedung Tatu Chasanah untuk kenang-kenangan, karena tahun depan pun saya akan purna bakti,”ujarnya.

Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar mengatakan dengan hibah lahan seluas 4.320 meter persegi diperuntukan gedung dan gudang. “Alhamdulillah Pemda Serang dengan memberikan perhatian yang luar biasa atas hibah lahan cukup untuk gedung dan gudang,”ujarnya.

“Mudah-mudahan di 2022 ini kita dapat alokasi anggaran dari KPU RI untuk bangunan gedung, kita juga ada aturan PKPU 11 terkait desain dan aturan anggaran. Saya berharap 2023 sudah beres semua, karena DED nya pun sudah ada,”katanya.

Hadir juga pada kesempatan tersebut, Deputi Bidang Administrasi KPU RI, Purwoto Ruslan Hidayat, Ketua KPU Banten, Asisten Daerah (Asda) I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Serang, Nanang Supriatna, Inspektur, Rahmat Jaya, Kepala DPKAD, Sarudin, dan para Komisioner KPU Kabupaten Serang.

Exit mobile version