Buka Pelatihan Hidroponik, Benyamin : Solusi untuk Ketahanan Pangan di Perkotaan

Buka Pelatihan Hidroponik, Benyamin : Solusi untuk Ketahanan Pangan di Perkotaan
Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie. (Dok Ist)

TANGERANG SELATAN.Pelitabanten.com  – Pemanfaatan teknologi dalam proses peningkatan kualitas lingkungan bisa dirasakan melalui perkembangan teknik pertanian. Salah satu yang ada saat ini adalah hidroponik yang mulai diterapkan oleh masyarakat.

Wali Kota, Benyamin Davnie mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan untuk menggelar pelatihan hidroponik. Menurutnya, tren hidroponik saat ini khusus di perkotaan sangatlah tinggi, oleh karenanya hidroponik bisa menjadi solusi untuk meningkatkan potensi pertanian organik dan ketahanan pangan di perkotaan.

Dimana, menanam tanaman dengan sistem hidroponik merupakan cara yang ramah lingkungan karena budidayanya tidak membutuhkan pestisida secara berlebihan. Serta, bisa menjadi solusi untuk berkebun di lahan yang sempit atau terbatas.

“Kalau sudah paham hidroponik bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan bahan pangan sendiri,” ujar Benyamin dalam kegiatan Pelatihan Pembuatan Hidroponik di Pamulang Barat, Pamulang Selasa (05/07).

Benyamin juga menambahkan bahwa proses penanaman ini memiliki banyak kemudahan. Mulai alat dan bahan yang mudah ditemukan serta perawatannya yang lebih sederhana dibandingkan teknologi lainnya.

Karena itu dia berharap kepada masyarakat bisa memanfaatkan teknologi ini. Sekaligus terus mengembangkan kemampuan dalam meningkatkan hasil tanam dari hidroponik.

Lebih lanjut, dia menambahkan untuk memaksimalkan hidroponik, bisa digabungkan dengan perairan hidup. Misalnya pada dasar hidroponik bisa diisi oleh kolam ikan. Sehingga keberadaan hidroponik lebih maksimal dalam membantu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Adapun kegiatan tersebut diikuti oleh warga Pamulang Barat, yang mana sebagian besar adalah Ibu Rumah Tangga. Serta, diharapkan dapat segera mengaplikasikannya di rumah masing-masing.