Angka Stunting Terendah, Pemkot Tangerang Raih Penghargaan Menteri Kesehatan

Angka Stunting Terendah, Pemkot Tangerang Raih Penghargaan Menteri Kesehatan
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah Menerima Langsung Penghargaan Menkes RI Budi Gunadi Sadikin. Kamis, (20/10/2022). Foto Pelitabanten.com (*/Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Upaya Pemerintah Kota Tangerang dalam menekan angka stunting mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Provinsi Banten yang ditandai dengan diraihnya penghargaan atas Capaian Terbaik Prevalensi Stunting Terendah (SSGI 2021) tingkat Provinsi Banten.

Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin kepada Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah di acara Kemah Bakti Kesehatan Tahun 2022 dan Gebyar Hari Kesehatan Nasional ke- 58.

“Alhamdulillah, penghargaan ini buah dari kerja keras bersama dari seluruh komponen masyarakat dan juga tenaga kesehatan,” ungkap Wali Kota usai acara yang berlangsung di Bumi Perkemahan Lebak Wangi, Kota Serang, Kamis (20/10/2022).

Wali Kota menjabarkan angka prevalensi stunting pada balita di Kota Tangerang berdasar pada hasil survei status gizi Indonesia tahun 2021 berada pada angka 15,3%.

“Atau lebih baik dari standar Provinsi Banten yang sebesar 24,5% dan nasional sebesar 24,4%,”

“Dan akan terus ditekan hingga tidak ada lagi bayi dan anak yang stunting di Kota Tangerang,”, ungkap Arief.

Lebih lanjut Arief menjelaskan upaya penanganan stunting di Kota Tangerang melalui berbagai program dengan melibatkan peran serta dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Tangerang, dimana sosialisasi dan edukasi dimulai sejak masa sebelum pernikahan hingga masa tumbuh kembang bayi.

“Penurunan angka stunting harus dilakukan secara menyeluruh,” tukas Wali Kota.