Anggota Komisi III DPR RI Gelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Pinang

Anggota Komisi III DPR RI Gelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Pinang
Rano Alfath saat menyampaikan materi sosialisasi empat pilar kepada masyarakat.(dok ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabnaten.com – Sebanyak 150 orang warga yang tergabung dalam Paguyuban Masyarakat Kecamatan Pinang, Kelurahan Kunciran, Kecamatan Pinang mengikuti kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Republik Indonesia yang digelar oleh Anggota Komisi III DPR-RI asal daerah pemilihan Tangerang Raya, Moh. Rano Alfath pada hari Sabtu, (29/10/22).

Hal ini dilakukan sesuai amanat Pasal 5 UU No. 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD yang menyatakan bahwa MPR mempunyai tugas untuk memasyarakatkan Ketatapan MPR, memasyarakatkan Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Sehingga sebagai anggota MPR, Rano wajib menunaikan ketentuan tersebut untuk membumikan empat elemen yang disebut Pilar Kebangsaan.

“Empat pilar kebangsaan merupakan salah satu tiang paling fundamental yang menopang berdirinya negara ini, untuk itu penting bagi kita sebagai masyarakat untuk turut melestarikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Ingat, Pancasila hanya milik Indonesia dan sudah diuji kesaktiannya selama bertahun-tahun, tidak ada satupun negara di dunia yang punya ideologi seperti Pancasila untuk itu harus kita lestarikan demi bangsa yang kuat, majemuk, dan berdaulat,” tutur Rano dalam materinya.

Legislator ini lebih lanjut menjelaskan penerapan implementasi empat pilar kebangsaan, khususnya dalam mempersiapkan masyarakat menghadapi berita resesi ekonomi yang dikabarkan akan terjadi di tahun 2023. Menurutnya, masyarakat tidak perlu panik dan khawatir berlebih karena resesi merupakan kejadian yang umum terjadi dan akan dimitigasi sebaik mungkin oleh pemerintah.

“Banyak berita tentang resesi ekonomi yang saya yakin meresahkan bapak ibu, tapi menurut saya kita justru tidak boleh terlalu panik karena ketika kita panik kita tidak bisa berfikir secara jernih. Reses ekonomi sangat umum terjadi selama 5-7 tahun sekali, tetap siapkan dana darurat, perbanyak menabung dan tetap ikhtiar serta bertawakal dalam menghadapi ini. Pemerintah juga tidak akan diam saja, pasti akan ada mekanisme-mekanisme tertentu yang sekarang sedang disiapkan agar beban masyarakat tidak begitu berat kedepan,” tutur Rano.

Lebih lanjut, dikatakan oleh Rano, disinilah fungsi Empat Pilar Kebangsaan untuk membangun imunitas jati diri dan fondasi kebangsaan yang kuat, sehingga dapat menangkal berbagai ancaman.

“Sekali lagi, empat pilar kebangsaan penting dalam menangkal ancaman apapun yang dihadapi negeri ini. Dalam menghadapi resesi, kita mesti optimis bahwa nilai-nilai Pancasila sejatinya bisa diterapkan untuk menjalin gotong royong agar bangkit bersama melewati masa-masa sulit,” lanjut Rano.

Acara yang dilaksanakan di Sekretariat PMKP, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang itu disambut baik oleh masyarakat. Selain mengadakan sosialisasi, wakil rakyat yang akrab disapa Bang Rano itu juga membuka sesi serap aspirasi yang memperbolehkan masyarakat menyampaikan aspirasinya.

Beberapa masyarakat terlihat mengajukan pertanyaan terkait materi yang diberikan pada sesi tanya jawab yang kemudian dilanjutkan dengan foto bersama.