Aleg PKS Soroti Angka Pengangguran Tertinggi di Banten

Aleg PKS Soroti Angka Pengangguran Tertinggi di Banten
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Teuku Muhammad Zacky,(dok ist)

TANGERANG, Pelitabanten.com  – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Teuku Muhammad Zacky memberikan tanggapan terkait berita tentang tingkat pengangguran tertinggi di Banten dan Jawa Barat. Dalam artikel yang diterbitkan oleh CNN Indonesia pada tanggal 5 Mei 2023, diketahui dari Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa tingkat pengangguran di Indonesia mencapai 5,45 persen dan Banten menjadi provinsi dengan persentase tertinggi, yakni 7,97 persen.

Menanggapi hal ini, Teuku Muhammad Zacky menyatakan keprihatinannya atas kondisi tersebut. Ia menyebutkan bahwa angka pengangguran yang semakin tinggi dapat memicu berbagai masalah sosial dan ekonomi di masyarakat, seperti kemiskinan, peningkatan kriminalitas, dan penurunan daya beli masyarakat. “Perlu adanya tindakan yang tepat dan terukur dari pemerintah dalam menangani persoalan pengangguran ini,” kata Teuku Muhammad Zacky dalam keterangannya di Tangerang, Minggu (7/5/2023).

Zacky juga menyatakan bahwa Banten sebagai provinsi yang memiliki potensi besar di sektor industri dan pariwisata harus lebih memperhatikan pemberdayaan tenaga kerja lokal dan menciptakan lapangan kerja yang berkualitas. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan investasi di sektor-sektor yang potensial, seperti industri manufaktur, perikanan, pertanian, dan pariwisata.

Selain itu, Zacky juga menyoroti pentingnya peran pemerintah dalam menciptakan iklim investasi yang kondusif. Ia menilai bahwa adanya perizinan dan regulasi yang jelas serta stabilitas kebijakan yang terjamin dapat meningkatkan minat investor untuk berinvestasi di Banten.

“Dengan adanya investasi yang berkualitas, diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mengurangi tingkat pengangguran di Banten,” ujarnya.

Teuku Muhammad Zacky juga mengajak masyarakat untuk terlibat dalam mengatasi persoalan pengangguran ini. Ia mengatakan bahwa masyarakat dapat berperan aktif dalam menciptakan lapangan kerja dengan membuka usaha kecil dan menengah, mengembangkan koperasi, serta meningkatkan kualifikasi dan kompetensi diri untuk memperoleh pekerjaan yang lebih baik.

“Semoga dengan adanya dukungan dari semua pihak, persoalan pengangguran dapat diatasi dengan tepat dan terukur untuk mencapai kesejahteraan yang lebih baik bagi seluruh masyarakat,” kata Zacky.

Berikut 10 provinsi dengan angka pengangguran tertinggi di Indonesia seperti dilansir dari CNN Indonesia dari BPS:

1. Banten 7,97 persen
2. Jawa Barat 7,89 persen
3. Kepulauan Riau 7,61 persen
4. DKI Jakarta 7,57 persen
5. Kalimantan Timur 6,37 persen
6. Sulawesi Utara 6,19 persen
7. Maluku 6,08 persen
8. Sumatera Barat 5,90 persen
9. Aceh 5,75 persen
10. Papua Barat 5,53 persen.

Source: hms DPD PKS Kab.Tangerang