2.000 Kupon Daging Qurban Siap Disebar untuk Masyarakat Kota Tangerang

2.000 Kupon Daging Qurban Siap Disebar untuk Masyarakat Kota Tangerang
Daging Qurban Idul Adha. Foto Pelitabanten.com (*/Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Selain menyiapkan pelaksanaan sholat Iduladha untuk Kamis (29/6/2023) besok. Panitia DKM Masjid Raya Al Azhom juga terus mempersiapkan pelaksanaan pemotongan hewan kurban yang nantinya akan berlangsung di RPH halaman belakang Masjid Raya Al Azhom.

Tahun ini, Masjid Raya Al Azhom menyiapkan 2.000 kupon daging kurban, yang akan dibagikan ke masyarakat umum.

“Dua jenis kupon yang kita siapkan. Yaitu, kupon untuk jemaah wanita dan pria secara proses pembagian atau pendistribusian juga akan dipisahkan. Antrean wanita pada waktu ba’da zuhur dan pria ba’da ashar. Sehingga, secara pelaksanaan akan lebih tertib dan rapih,” jelas KH. Chaerudin, Ketua Harian DKM Masjid Raya Al Azhom, Selasa (27/6/2023).

Lanjutnya, kupon akan dibagikan panitia usai pelaksanaan salat Iduladha. Sejauh ini, diprakirakan akan ada 40 sapi dan belasan kambing kurban yang akan masuk ke Masjid Raya Al Azhom. “Tahun ini, sapi yang masuk Masjid Raya Al Azhom akan dibagi ke 13 kecamatan secara merata, untuk dikirim ke masjid atau pondok pesantren dengan jemaah banyak. Setengahnya lagi, baru dilakukan pemotongan di Masjid Raya Al Azhom,” jelas Chaerudin.

Kata Chaerudin, pada tahun ini panitia juga telah menghadirkan alat baru, untuk mempermudah proses penyembelihan atau pemotongan hewan kurban. Yaitu, proses pengangkatan sapi usai disembelih yang biasanya dilakukan secara manual namun pada tahun ini dilakukan dengan menggunakan Electric Chain Hoist.

“Alhamdulillah, ada inovasi dari petugas kurban kami untuk memudahkan dan mempercepat proses penyembelihan hingga pemotongan hewan kurban, dengan menggunakan Electric Chain Hoist,” jelasnya.

Ia pun mengimbau, dalam proses pembagian kupon hingga pendistribusian atau penukaran kupon masyarakat Kota Tangerang untuk tertib dan kondusif. Sehingga, pelaksanaan Iduladha di Masjid Raya Al Azhom dapat berlangsung dengan lancer dan aman untuk semua pihak.

“Kami telah menjalin Kerjasama dengan Tni-Polri, dalam prosesnya juga menggunakan petugas RPH dan BKPMRI untuk proses cacahan atau pembungkusan. 2 ribu kupon kita siapkan, dengan berat 1 kilo daging disetiap bungkusnya. Jangan lupa, ikuti aturan yang dibentuk panitia di seluruh pelaksanaannya,” pungkas Chaerudin.