146 Sekolah Swasta di Kota Tangerang Digratiskan, Baju, Buku Tulis, Alat Tulis, Sepatu, Tas Beli Sendiri

146 Sekolah Swasta di Kota Tangerang Digratiskan, Baju, Buku Tulis, Alat Tulis, Sepatu, Tas Beli Sendiri
Sebanyak 146 Sekolah Swasta Tingkat SMP, Mts dan SD di Kota Tangerang Gratis Mulia Tahun Ajaran 2023-2024. Foto Pelitabanten.com (*/Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Memasuki tahun ajaran baru pendidikan tahun 2023, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berupaya mengatasi permasalahan yang kerap muncul dimasa penerimaan peserta didik baru.

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah, mengungkapkan, ditahun ajaran baru, Pemkot Tangerang berupaya mengatasi terkait zonasi dengan menambah jumlah sekolah swasta yang biaya pendidikannya ditanggung oleh Pemkot Tangerang.

“Tahun ini, untuk sekolah SMP dan MTs swasta total sebanyak 73 sekolah biaya pendidikannya sudah digratiskan,” ungkap Arief saat memimpin apel pagi pegawai di Pusat Pemkot Tangerang, Senin (5/6/2023).

“Sementara ditingkat SD atau sederajat, sebanyak 73 sekolah swasta,” sambungnya.

Dengan banyaknya jumlah sekolah swasta yang digratiskan, lanjut Arief, masyarakat diharapkan tidak perlu lagi merasa risau untuk menyekolahkan putra-putrinya di sekolah swasta karena terhalang faktor zonasi di sekolah negeri, terlebih bagi masyarakat yang kurang mampu.

“Seyogianya sekolah negeri menjadi sekolah bagi masyarakat yang kurang mampu, sedangkan yang mampu diharapkan bisa menyekolahkan anaknya di sekolah swasta,” harapnya.

Lebih lanjut, wali kota menegaskan, Pemkot Tangerang berupaya optimal dalam memberikan kualitas pendidikan yang merata baik di sekolah negeri maupun swasta.

“Di negeri maupun swasta, kualitas pendidikannya sudah sama-sama baik dengan standar kurikulum yang juga sama,” pungkas Arief.

Sebagai informasi, adapun biaya pendidikan dan keperluan sekolah di sekolah swasta yang ditanggung oleh Pemkot Tangerang meliputi uang pangkal, SPP, ujian, ulangan dan iuran praktek layaknya di sekolah negeri.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Kota Tangerang, Jamaluddin mengungkapkan dalam program ini tidak menanggung keperluan pribadi sekolah setiap siswa.

“Sedangkan untuk pembelian baju, buku tulis, alat tulis, sepatu, tas atau dalam hal ini adalah keperluan pribadi, ya ditanggung sendiri. Intinya, benar-benar sama seperti sekolah negeri, siswa atau wali murid yang bersangkutan hanya membeli atau mengeluarkan biaya untuk keperluan pribadi,” ujar Jamal.

Ia pun menjelaskan, program biaya sekolah gratis ini diluncurkan agar anak-anak yang tidak diterima di sekolah negeri akibat kuota yang sudah penuh ataupun zonasi, tetap dapat bersekolah di sekolah swasta tanpa perlu memikirkan biaya.

“Sekolah swasta dikenal atau memiliki stigma biaya sekolah yang mahal, persoalan inilah yang diselesaikan atau dijawab dengan program nyata yang diberikan Pemerintah Kota Tangerang. Dengan ini, tidak perlu lagi panik atau gelisah, karena solusi pastinya sudah ada,” jelas Jamal.

Ia melanjutkan, sekolah swasta yang digratiskan ini juga memiliki akreditasi dan fasilitas yang tidak kalah baik dengan sekolah negeri. Sehingga, masyarakat tidak perlu ragu dengan sekolah mana yang akan dipilih.

“Intinya bagi para orang tua murid, jangan panik apabila anak tidak diterima di sekolah negeri karena kami sudah menyiapkan 73 SD dan 73 SMP swasta secara gratis. Baik dari segi fasilitas dan kualitas juga sama baiknya dengan sekolah negeri. Sehingga, anak-anak tetap mendapatkan pendidikan yang berkualitas,” katanya.