1.700 Warga Kosambi Timur Terima BPJS Kesehatan Gratis, Lansia Jadi Prioritas

1.700 Warga Kosambi Timur Terima BPJS Kesehatan Gratis, Lansia Jadi Prioritas
Penyerahan Kartu BPJS Kesehatan Gratis Langsung Ke Rumah-rumah Warga. Lansia Jadi Prioritas di Desa Kosambi Timur. Foto Pelitabanten.com (Ist)

KABUPATEN TANGERANG, Pelitabanten.com – 1.700 warga desa Kosambi Timur, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Banten, menjadi peserta jaminan kesehatan berupa BPJS gratis. Prioritas diberikan langsung kepada warga lanjut usia (lansia).

Program BPJS Kesehatan gratis ini diberikan dari anggaran pemerintah daerah dan pusat.

Informasi tersebut disampaikan Kepala PKK  Desa Kosambi Timur, Kabupaten Tangerang, Ria Nurhijriah dalam keterangannya kepada wartawan. Minggu (19/2/2023).

“Anggaran ini dari APBD dan APBN, agar tepat sasaran pemberian kartu BPJS Kesehatan gratis ini diberikan langsung ke rumah warga khususnya warga lanjut usia, yang tidak bisa datang ke kantor desa,” ungkapnya.

Dalam kesempatannya Ria menyampaikan, bagi warga yang belum mendapatkan Kartu BPJS Gratis ini dipersilahkan untuk segera datang ke kantor desa Kosambi Timur.

Sementara Kepala Desa Kosambi Timur Hasanudin menuturkan, Ia sengaja melibatkan PKK dan aparatur desa kosambi Timur dalam pemberian BPJS Kesehatan gratis itu secara Door to Door kerumah warga.

Cara tersebut kata Hasanuddin agar tepat sasaran langsung ke warga, hal tersebut juga sebagai bentuk dari hadirnya pemerintah daerah, dengan tujuan warga tidak perlu kewalahan mencari uang atau menjual harta benda saat sakit.

“Program ini menjadi pegangan kita, apalagi kita tidak pernah tahu jika suatu hari warga diserang penyakit secara tiba-tiba saat tidak memiliki uang,” katanya.

Ia menjelaskan, kehadiran program ini membuat banyak masyarakat terbantu, lantaran warga desa Kosambi Timur rata-rata perekonomiannya berada di bawah garis sejahtera.

Maka, sebagai perangkat desa, lanjutnya, program ini dilakukan pihaknya dengan inisiatif sendiri dengan mendatangi warga yang menurutnya layak untuk mendapatkan jaminan kesehatan.

“Ini manfaatnya besar sekali. Jika tidak ada program ini, warga yang sakit akan dibebankan biaya besar sebagai pasien umum. Sejak saat itu kami dari perangkat desa berinisiatif melakukan pendaftaran warga tak mampu untuk didaftarkan. Kami menganjurkan kepada warga untuk mendaftarkan diri menjadi peserta kesehatan itu,” urainya.

“Program BPJS Kesehatan gratis ini akan turus kami kembangkan, agar seluruh warga khususnya di desa Kosambi Timur mendapatkan jaminan kesehatan,” imbuhnya.

Sementara, Rokib, warga Desa Kosambi Timur yang belum pernah menerima program tersebut mengaku, dirinya sangat senang mendapatkan BPJS Kesehatan secara gratis tanpa harus membayar biaya tiap bulannya.

“Sangat bersyukur dan terbantu dengan pemberian BPJS Kesehatan gratis ini. Karena sebelumnya saya dan keluarga tidak mampu membayar BPJS Kesehatan setiap bulannya hingga membengkak, dan kartu BPJS Kesehatan sebelumnya tidak bisa digunakan,” kata Rokib.

Rokib menambahkan, rencana kartu BPJS Kesehatan yang diterimanya tersebut akan digunakannya untuk melakukan pengobatan di puskesmas setempat.

“Agar penyakit yang saya derita ini segera sembuh. Terima kasih saya sudah dapat bantuan ini, sangat membantu,” ujarnya.