5 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Semarang

5 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Semarang
Ilustrasi (Foto : Jonathan Valencia/Pixabay)

Pelibanten.com – Sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah, Semarang memang dikenal sebagai kota yang menyajikan banyak hal untuk dijelajahi wisatawan, mulai dari destinasi wisata hingga kulinernya. Tengok saja bagaimana di Semarang, Anda bisa berkunjung ke Kota Lama, Lawang Sewu, hingga Sam Poo Kong yang menawarkan beragam pesona menarik.

Deretan tempat wisata ini bisa Anda kunjungi dengan naik kendaraan pribadi atau bahkan menyewa mobil yang banyak tersedia di berbagai platform. Salah satunya adalah sewa mobil Semarang via Traveloka yang dengan mudah bisa Anda booking secara online.

Namun, tak hanya terkenal dengan deretan tempat wisatanya yang memukau, nyatanya Semarang juga banyak menawarkan kuliner hingga oleh-oleh yang sayang untuk dilewatkan. Bahkan, deretan oleh-oleh ini seolah menjadi barang yang wajib dibeli saat berkunjung ke Semarang. Ibarat kata, Anda belum afdal ke Semarang, jika belum membeli oleh-oleh berikut.

Nah, untuk Anda yang berencana untuk berkunjung ke Semarang dalam waktu dekat, tak ada salahnya mencoba membeli oleh-oleh di bawah ini. Mulai dari tahu bakso hingga lumpia, berikut deretan oleh-oleh khas Semarang yang wajib Anda beli.

1. Lumpia

Belum ke Semarang namanya jika Anda belum mencicipi kuliner satu ini, yaitu lumpia khas Semarang. Meskipun di berbagai daerah lain di Indonesia juga terdapat lumpia, tetapi lumpia Semarang beda dari yang lainnya.

Di Semarang, lumpia merupakan camilan yang berisi rebung, telur orak-arik, dan irisan ayam atau udang yang dibalut dengan kulit lumpia terbuat dari tepung beras. Camilan ini memiliki tekstur crispy di luar dan lembut di dalam.

Rasanya pun tak perlu diragukan lagi, gurih dan lezat menjadi sebuah perpaduan lengkap untuk mendeskripsikan oleh-oleh satu ini. Biasanya, lumpia juga disajikan dengan saus khasnya untuk menambah kenikmatan.

Saat ini, di Semarang ada beberapa toko lumpia legendaris dan banyak diburu wisatawan, seperti Lumpia Gang Lombok, Loenpia Mbak Lien, dan Lunpia Mataram.

2. Bandeng Presto

Oleh-oleh khas Semarang selanjutnya yang bisa Anda beli adalah bandeng presto. Kuliner satu ini dikenal memiliki cita rasa gurih yang nikmat disajikan bersama nasi panas.

Bandeng presto terdiri dari ikan bandeng tanpa tulang yang dibumbui dengan berbagai macam rempah-rempah, seperti kunyit, bawang putih, dan garam. Cara memasaknya pun ditaruh di panci bersuhu tinggi, sehingga menghasilkan ikan dengan tekstur yang lunak dan bumbu meresap sempurna.

Karena dimasak dengan suhu yang tinggi, Anda pun tak perlu khawatir dengan tulang yang ada di ikan bandeng. Sebab, daging dan durinya pun turut melunak, sehingga aman untuk dimakan.

Ada beberapa merek bandeng presto yang biasanya sering dijadikan oleh-oleh wisatawan, seperti Bandeng Presto Juwana dan Bandeng Presto Kampoeng Semarang.

3. Tahu Baxo

Selain lumpia dan bandeng presto, tahu baxo juga menjadi oleh-oleh berikutnya yang populer di kalangan wisatawan dan wajib dibeli ketika berkunjung ke Semarang. Tahu baxo khas Semarang biasanya terbuat dari daging sapi cincang yang dibalur ke dalam tahu.

Rasanya yang gurih dan enak membuatnya banyak diburu wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Harganya pun relatif murah, hanya kisaran Rp 40 ribu hingga Rp 50 ribu per box-nya.

Uniknya, tahu bakso di Semarang ditulis dengan tulisan “tahu baxo”, yang membuatnya berbeda dari lainnya. Salah satu merek tahu baxo yang populer wajib Anda beli saat ke Semarang adalah Tahu Baxo Bu Pudji.

4. Wingko Babat

Camilan khas Semarang lainnya yang bisa Anda pilih untuk dijadikan oleh-oleh adalah wingko babat. Meskipun bernama wingko babat, tapi camilan ini bukan terbuat dari jeroan sapi, lho.

Wingko babat merupakan sejenis kue berbentuk bulat yang terbuat dari ketan, kelapa parut, gula pasir, dan santan. Seluruh bahan tersebut selanjutnya dicampur dan kemudian dipanggang, lalu dipotong kecil-kecil.

Wingko babat juga cocok dijadikan camilan untuk mengganjal perut, karena meski berukuran kecil, tetapi cukup mengenyangkan. Anda juga tak perlu khawatir dengan ketahanan oleh-oleh satu ini, karena wingko babat tahan beberapa hari dan rasanya tetap lezat. Beberapa merek wingko babat yang terkenal adalah Wingko Babat Tiga kelapa Muda, dan Wingko Babat cap Kereta Api.

5. Mochi

Tak hanya wingko babat, Semarang juga memiliki camilan manis lainnya yang bisa dijadikan oleh-oleh, yaitu mochi. Terinspirasi dari Jepang, mochi khas Semarang ini berbentuk bola kecil yang terbuat dari tepung ketan yang berisi gula aren dan kacang halus.

Mochi Semarang ini juga memiliki tekstur yang kenyal dan lembut, dengan rasanya yang ringan. Salah satu perbedaan antara mochi Semarang dan daerah lainnya adalah terdapatnya taburan wijen di kulit mochi.

Jika tertarik mencoba mochi khas Semarang ini, Anda bisa membeli mochi dengan merek Moaci Gemini yang banyak diburu wisatawan.

Itu lima kuliner khas Semarang yang bisa Anda jadikan oleh-oleh. Jadi, oleh-oleh mana yang akan Anda beli?

Pemerhati dan penikmat musik, bergabung dengan Pelita Banten pada tahun 2017 sebagai Jurnalis