Menjaga Imun dan Iman di Bulan Ramadhan, Berikut Langkah-langkah yang Harus Kamu lakukan

Menjaga Imun dan Iman di Bulan Ramadhan, Berikut Langkah-langkah yang Harus Kamu lakukan
Ilustrasi. Pixabay/ Mploscar

Pelitabanten.com – Hari pertama puasa dilaksanakan pada hari ini. Meski sebelumnya sudah ada yang melaksanakan puasa pada tanggal 1 dan 2 April. Di bulan ramadhan seperti sekarang ini, selain menjaga iman kita agar tetap stabil, jangan sampai redup. Tentu kita harus menjaga imun kita agar tetap kuat dan sehat. Mau tahu bagaimana menjaganya. Berikut langkah-langkah yang wajib kalian lakukan.

1. Tidur di bawah jam 10

Bagi kamu yang tadinya sering begadang sampai larut malam atau sampai pagi datang. Di bulan penuh berkah ini usahakan kamu tidur di bawah jam 10, agar ketika bangun untuk sahur kamu tidak merasa malas ataupun ngantuk berat.

2. Minum 8 gelas per hari

Agar kondisi tubuh mu tetap fit saat berpuasa sampai waktunya berbuka nanti. Kamu harus perbanyak minum air putih. Saat sahur, sebelum tidur, dan saat berbuka. Dijamin puasa kamu tidak akan terasa melelahkan.

3. Stop ghibah

Kalau ini baik sedang puasa atau pun tidak membicarakan keburukan orang lain tetap tidak diperbolehkan. Karena itu sama saja kita memakan bangkai saudara kita sendiri. Caranya menghindari ghibah yaitu sibukan diri kita dengan hal-hal yang bermanfaat. Dengan begitu kamu tidak memiliki waktu untuk berghibah.

4. Perbanyak silaturahmi dengan keluarga

Salah satu manfaat dari seringnya bersilaturahmi adalah. Memanjangkan umur. Wah kalau ini pasti semua orang pasti mau. Dengan memperbanyak silaturahmi akan menumbuhkan rasa sayang satu sama lain.

5. Tidak tidur setelah Subuh

Yuk jadi morning person, di bulan suci Ramadhan ini rasanya sudah menjadi kebiasaan sebagian besar umat muslim deh. Setelah sahur dan shalat subuh dilanjut tidur. Padahal banyak banget loh keberkahan di pagi hari.

6. Makan buah dan sayur

Ini penting banget sobat karena kita semua sepertinya ketika berbuka puasa lebih mengincar makan makanan yang berat deh. Seperti yang teman-teman tahu kalau manfaat buah dan sayur banyak banget. Dengan mengonsumsi buah-buahan kita bisa terhindar dari sariawan, panas dalam dan lain-lain.

7. Kurangi tontonan yang tidak bermanfaat

Kalau kamu tadinya penggila drama Korea atau film sebaiknya selama bulan Ramadhan ini, kamu harus mencoba untuk tidak nonton dulu. Tapi jika tontonan kamu bermanfaat seperti tausiyah. Itu tidak apa-apa.

8. Menebar banyak manfaat

Zaman sekarang ladang berdakwah banyak banget. Tinggal kita yang pandai memanfaatkan nya. Contoh kecil di story WhatsApp, kita bisa men-share Story motivasi atau kutipan-kutipan islami. Hal itu bisa menumbuhkan optimisme daam diri kita.

9. Jangan berlebihan saat berbuka

Wah rasanya kalau mendekati waktu Maghrib, semua makanane yang ada di depan kita terasa sangat enak. Lalu kita mengambil semua lauk yang ada ke atas piring kita. Alhasil setelahnya perut kita begah dan terasa penuh, karena hal itulah kita merasa malas tarawih. Agar kita tidak malas, maka makanlah pelan-pelan dan secukupnya.

10. Olahraga

Ini penting banget usahakan setelah shalat subuh kamu jangan tidur lagi, tapi mulailah dengan peregangan ringan lalu di lanjut dengan senam.

11. Perbanyak baca Al Quran

Daripada scroll Instagram atau tiktok mending baca Al Quran karena keberkahan dan pahala yang Allah berikan sangat berlipat ganda.

12. Perbanyak istighfar

Kita manusia tempatnya hilap dan dosa. Maka perbanyaklah istighfar kita ingat-ingat berapa banyak dosa yang telah kita lakukan.

13.  Shalat tepat waktu

Bagi kamu yang tadinya masih malas-malasan dalam melaksanakan shalat. Di bulai dari bulan  Ramadhan ini. Yuk perbaiki kualitas ibadah kita. Kita mulai dark shalat tepat waktu.

Itulah sobat langkah-langkah yang wajib kalian lakukan di bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat dan semoga kita menjadi manusia yang lebih taat pada yang Maha-Cinta.