Mengapa Kita Dianjurkan Untuk Berbuka Puasa Dengan Yang Manis-Manis

Kurma
Ilustrasi. Pixabay / Pictavio

Pelitabanten.com – Berbuka puasa menjadi saat-saat yang di tungggu-tunggu. Setelah seharian berpuasa tentunya kita butuh asupan gizi yang cukup. Asupan energi dapat di dapatkan dari makanan yang manis-manis, sebagai sumber kalori makanan dan minuman yang manis ternyata mudah untuk di cerna. Maka dari itu mengapa kita di sarankan untuk berbuka dengan yang manis-manis. Melansir dari Liputan6.com menurut Dokter Spesialis Gizi Klinik, Johanes Chandrawinata asupan makanan manis saat berpuasa sangat berguna bagi tubuh. Dikarenakan asupan makanan manis itu dapat mengembalikan gula darah yang sempat turun selama berpuasa.

Dikarenakan, saat berpuasa kadar gula darah dalam tubuh kita turun, selain itu tubuh juga kehilangan cairan, oleh sebab itu kita dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis-manis.

Berikut alasan mengapa kita harus berbuka puasa dengan yang manis-manis :

1. Anjuran Rasulullah Saw

Sebetulnya tidak ada hadist yang secara  khusus menjelaskan mengenai anjuran berbuka dengan yang manis-manis. Adapun hadist yang mendekati anjuran makan makanan yang manis saat berbuka, ialah hadist Rasulullah yang berbunyi:

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata

ﻛَﺎﻥَ ﺭَﺳُﻮ ﻝُ ﺍﻟﻠِّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪً ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻳُﻔْﻄِﺮُ ﻋَﻠَﻰ ﺭُﻃَﺒَﺎﺕٍ ﻗَﺒْﻞَ ﺃَﻥْ ﻳُﺼَﻠِّﻲَ ﻓَﺈِﻥْ ﻟَﻢْ ﺗَﻜُﻦْ ﺭُﻃَﺒَﺎ ﺕٌ ﻓَﻌَﻠَﻰ ﺗَﻤَﺮَﺍﺕٍ ﻓَﺈِﻥْ ﻟَﻢ ﺗَﻜُﻦْ ﺣَﺴَﺎ ﺣَﺴَﻮﺍﺕٍ ﻣِﻦْ ﻣَﺎﺀٍ

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka dengan kurma basah (ruthab), jika tidak ada ruthab maka berbuka dengan kurma kering (tamr), jika tidak ada tamr maka minum dengan satu tegukan air.” (HR. Ahmad, Abu Dawud)

2. Mengembalikan energi tubuh

Makanan dan minuman yang manis pastinya mengandung energi yang berasal dari gula, gula akan menghasilkan insulin yang akan menghasilkan energi. Oleh karena itu saat berbuka puasa menjadi waktu yang tepat untuk mengembalikan energi kita.

3. Berbuka dengan kurma

Meski ada anjuran berbuka puasa dengan yang manis-manis tetapi bukan makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan. yang dimaksud dengan makanan yang manis bisa dengan kurma. kurma sendiri banyak mengandung gula alami. kandungan gula dalam kurma tidak cepat untuk menaikan gula darah naik. Selain itu kurma mengandung serat pangan yang dapat membantu dalam proses buang air besar.