Kamu Belum Bisa Mengelola Stres dan Emosi? Simak 7 Tips Ini!

Kamu Belum Bisa Mengelola Stres dan Emosi? Simak 7 Tips Ini!
Sumber ilustrasi/ Pixabay

Pelitabanten.com – Setiap manusia pasti pernah mengalami ‘stres’ dan merupakan bagian dari kehidupan kita yang tidak bisa dihindarkan. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang menjadi stres, dari stres ringan sampai stres berat yang butuh penanganan serius.

Tapi jangan khawatir, karena ada beberapa tips sehat agar kita bisa mengatasi stres emosional

1. Jangan menyendiri

Pada umumnya pasti kita memerlukan waktu untuk sendiri, tapi bukan berarti kita tidak membutuhkan bantuan orang lain, ketika sedang merasa stres cobalah untuk meluangkan waktu untuk bertemu dengan orang-orang terdekat. Karena dengan mengobrol atau bercanda bisa membantu menghilangkan pikiran negatif. Kalau kamu orang yang sulit untuk bersosialisasi, kamu bisa pergi jalan-jalan atau melakukan sesuatu yang paling kamu sukai, misal dengan menonton atau melukis.

2. Temukan teman curhat yang tepat

Kalau sedang berada di fase stres, lelah, dan tak punya semangat hidup. Biasanya dengan curhat kepada sahabat atau keluarga bisa sedikit membantu, dan membuat perasaan sedikit plong. Kamu juga bisa mencari terapis yang bisa mendengarkan keluh kesah mu sekaligus kamu akan diberi solusi.

3. Cobalah untuk meditasi

Ketika kamu sedang stres cobalah untuk meluangkan waktu untuk berfokus pada ketenangan. Kamu bisa  mencoba teknik pernafasan, seperti tarik nafas kemudian buang ataupun kamu bisa bermeditasi dengan mencium aroma terapi seperti wewangian. Ataupun kamu bisa bermeditasi di luar ruangan seperti di pantai, gunung, maupun sawah. Dengan begitu mungkin kamu bisa menyingkirkan pikiran-pikiran negatif.

4. Menjaga tubuh dengan hidup sehat

Dalam tubuh yang sehat akan menghanghantarkan energi-energi positif, olahraga merupakan obat paling ampuh untuk meredakan stres, seperti olahraga yoga, kamu bisa merasakan rileks dari dalam maupun dari luar. Akan tetapi jangan lupa untuk selalu tidur dengan cukup.

5. Meluangkan waktu untuk sendiri

Menyendiri juga baik loh, dibeberapa kesempatan. Karena dengan menyendiri kita bisa lebih fokus pada diri sendiri, kamu bisa melakukan sesuatu yang merupakan hobi mu, atau ketika sedang merasa stres kamu bisa bermain-main dengan warna. Seperti membeli buku mewarnai maupun menulis jurnal harian.

6. Belajar untuk menerima emosi

Jangan pernah membatasi diri kita untuk merasakan emosi yang ada. Menerima emosi dan semua tekanan,  bisa membuat kamu berhenti terobsesi dengan emosi

7. Dukung emosional dari hewan peliharaan

Kalau kamu punya hewan peliharaan kamu bisa banget tuh bermain dengan mereka bisa membuat stres reda loh. Maka tak sedikit orang memelihara hewan hanya untuk menjadi teman ngobrol, jalan-jalan, dan pelipur rasa sepi.

Exit mobile version