Ingin tahu caranya membangun bebiasaan baru? Simak 5 tips Ini!

Bagaimana Cara Membangun Kebiasaan Baru? Simak Ini!
Ilustrasi orang sedang menulis (sumber. Pixabay/ Startupstockphotos

Pelitabanten.com – Pernah dengar istilah keluar dari zona nyaman? Membangun kebiasaan baru sama saja dengan kita belajar untuk keluar dari zona nyaman kita. Kebiasaan baru yang dimaksud adalah kebiasaan baru yang ‘positif’. Membangun kebiasaan baru yang positif yang belum pernah kita lakukan pastinya tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Mungkin di tengah perjalanan kita akan merasa bosan, merasa tak sesuai, hingga akhirnya mengeluh.

Agar kamu tidak cepat merasa bosan dan mengeluh. Simak tips berikut ini, agar kamu tetap konsisten dalam membangun kebiasaan baru.

1. Perjelas tujuan kamu

Kalau tujuan kamu belum jelas mungkin ditengah-tengah perjalanan kamu akan bertanya-tanya untuk apa kamu melakukan itu. Oleh karena itu kamu harus memperjelas tujuan kamu melakukan itu. Misal kamu ingin membangun kebiasaan baru kamu dengan rajin membaca buku. Maka perjelas lah, untuk apa kamu membaca buku. Atau kamu ingin membangun kebiasaan baru dengan rutin berolahraga. Dengan tujuan untuk membangun pola hidup sehat

2. Buat rencana kamu sesederhana mungkin

Kalau kamu ingin memulai kebiasaan baru janganlah memulainya dengan membebani diri kamu dengan sesuatu yang besar. Karena itu akan membuat mu mudah bosan dan akhirnya berhenti. Maka mulailah dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu.  Karena denga rutin dilakukan seiring berjalannya waktu akan berubah menjadi kebiasaan.

3. Tetapkan jadwal yang matang

Agar kebiasaan baru kita berjalan lancar kita harus membuat jadwal  matang, karena dengan membuat jadwal yang matang maka kami tahu kapan kamu harus melakukan kebiasaan baru mu. Secara tidak langsung membuat jadwal yang matang membuat kamu menjadi orang yang konsisten.

4. Hargai pencapaian atau apresiasi

Poin ini adalah yang terpenting karena sekecil apapun pencapaian kita, kita harus menghargai pencapaian kita. Karena dengan itu kamu akan mendorong diri kamu untuk terus bersemangat dan tak mudah menyerah. Selain itu kamu akan lebih menghargai diri kamu sendiri.

Apresiasi lah diri kamu dengan melakukan hal-hal yang membuat kamu terhibur. Bisa dengan membeli ice cream, liburan, nonton ataupun jalan-jalan.

5. Fokus terhadap apa yang kamu kerjakan

Kamu mungkin bisa saja disibukan dengan jadwal-jadwal kamu yang lain. Bisa karena pekerjaan maupun tugas, jika kamu seorang pelajar dan mahasiswa. Meski begitu bukan berarti kamu bisa meninggalkan kebiasaan baru mu yang sudah kamu jalani. Maka dari itu fokuslah dan tetap konsisten.

Exit mobile version