5 Keutamaan Membaca Al Qur’an di Bulan Ramadhan

5 Keutamaan Membaca Al Qur’an di Bulan Ramadhan
Ilustrasi. Pixabay/ Hmzaseffa

Pelitabanten.com – Bulan suci Ramadhan menjadi ajang bagi kita kaum muslimin untuk Fastabiqul Khoirot (berlomba-lomba dalam kebaikan) memperbanyak membaca Al Qur’an di bulan yang suci ini akan mendapat pahala yang berlipat ganda. Selain itu kita berharap dengan membaca Al Qur’an dan mentadaburinya kita bisa mendapatkan syafaatnya. Lebih spesial lagi karena di bulan ini lah Allah menurunkan Al Qur’an. Memperbanyak membaca Al Qur’an di bulan ramadhan memiliki banyak keutamaan loh.

Berikut 5 Keutamaan Membaca Al Qur’an :

1. Al Qur’an sebagai syafaat di hari kiamat kelak

Al Qur’an akan menjadi syafaat  atau penolong bagi mereka yang membaca dan memahaminya. Seperti yang tertuang dalam hadits berikut ‘Dari Abu Amamah Ra, aku mendengar Rasulullah Saw. Bersabda,”Bacalah Al Qur’an, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat.” (HR. Muslim)’

2. Sebaik-baik manusia adalah orang yang belajar dan mengajarkan Al Qur’an

Sebuah nikmat yang patut kita syukuri, yakni Allah memberikan kita akal untuk berpikir dan hati untuk memahami. Dapat membaca dan mengajarkan walau satu ayat kepada orang lain merupakan kebahagiaan tersendiri. Di samping kita yang masih harus terus belajar tak lupa pula kita merangkul saudara kita yang ingin belajar Al Qur’an.

Dari Usman bin Affan ra, Rasulullah Saw. Bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al Qur’an dan mengajarkannya”. (HR. Tirmidzi)

3. Mendapatkan pahala yang berlipat ganda

Siapa yang tidak menginginkan pahala yang banyak, pasti kita semua menginginkan nya. Tetapi yang paling penting niat kita dalam beribadah di niatkan semata-mata untuk mencari keridhoan Allah SWT dan amalan kita di terima di sisinya. Mendapatkan pahala yang berlipat ganda ketika kita sednag mempelajari Al Qur’an tertuang dalam salah satu hadits Nabi Saw

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka baginya satu pahala, dan satu pahala itu dilipatgandakan menjadi sepuluh pahala. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR At-Tirmidzi).

4. Al Qur’an dapat meningkatkan derajat kita di mata Allah SWT

Di anggap derajatnya lebih tinggi oleh kalangan manusia tidaklah seberapa, tapi beda lagi jika kita di angkat derajatnya oleh Al Qur’an di mata Allah, itu sungguh luar biasa.

‘Daru Umar bin Khattab ra. Rasulullah Saw. Bersabda: “Sesungguhnya Allah SWT akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (Al Qur’an), dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain,” (HR. Muslim)

5. Orang yang pandai membaca Al Qur’an akan bersama para malaikat

‘Dari Aisyah ra, berkata ‘bahwa Rasulullah Saw. Bersabda “Orang yang membaca Al Qur’an dan ia mahir membacanya, maka kelak ia akan bersama para malaikat yang mulia lagi taat kepada Allah”. (HR. Bukhari Muslim)

Luar biasa sekali manfaat membaca Al Qur’an pada diri kita, orang yang membaca Al Qur’an hatinya senantiasa tenang dan terhindar dari penyakit-penyakit hati, maka dari itu yuk isi hari-hari kita di bulan yang suci ini dengan memperbanyak membaca Al Qur’an.