Beranda Peristiwa Nasional Ignasius Jonan Resmikan Pelabuhan Pelayaran Toboli Sulawesi Tengah

Ignasius Jonan Resmikan Pelabuhan Pelayaran Toboli Sulawesi Tengah

368
BAGIKAN
Ignasius Jonan Resmikan Pelabuhan Pelayaran Toboli Sulawesi Tengah
Menteri Perhubungan RI Ignasius Jonan saat meresmikan Pelabuhan Pelayaran Toboli Sulawesi Tengah, Jumat (1/4/2016)

SULAWESI TENGAH, Pelitabanten.com – Kedatangan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan disambut sangat antusias oleh para pelajar beseragam Pramuka dengan mengibarkan bendera-bendera merah putih (Indonesia) sambil berbaris ditepian jalan di area Pelabuhan Penyeberangan Parigi (Toboli) , Sulawesi Tengah. Kedatangan Menteri Perhubungan RI ke Pelabuhan Penyeberangan Toboli, Jum’at sore (1/4), bertujuan untuk meresmikan pelabuhan penyeberangan tersebut. Dalam sambutannya dirinya menyampaikan bahwa Pelabuhan Penyeberangan Toboli tearwat dengan baik dan siap diresmikan.

Berdasarkan siaran pers, Pelabuhan yang dibangun dengan biaya APBN  sebesar Rp. 26,9 miliar tersebut, direncanakan akan melayani lintas penyeberangan antar provinsi, yaitu Pelabuhan Penyeberangan Parigi (Toboli), Kabupaten Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah dengan Pelabuhan Penyeberangan Marisa, Kabupaten Pohuwanto, Provinsi Gorontalo dengan berjarak 120 mil. Terdapat kemungkinan di masa yang akan datang pelabuhan tersebut akan melayani lintas Toboli-Wakai, mengingat Wakai merupakan tujuan wisata.

toboli ignasius jonan resmikan pelabuhan pelayaran toboli sulawesi tengah Ignasius Jonan Resmikan Pelabuhan Pelayaran Toboli Sulawesi Tengah toboli

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan bersama Bupati dan Wakil Bupati Moutong beserta Plt Dirjen Perhubungan Darat menandai Peresmian Pelabuhan Penyeberangan Toboli dengan menekan secara bersama-bersama tombol sirine dan dilanjut dengan penandatanganan prasasti oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Seusai penandatanganan prasasti Menteri Perhubungan melihat-lihat kondisi Kapal Ro-Ro 500 GT KMP Cengkih Afo dengan kapasitas angkut 14 unit kendaraan campuran dan 329 penumpang yang rencananya akan beroperasi untuk melayani penyeberangan Toboli-Marisa.

sulteng ignasius jonan resmikan pelabuhan pelayaran toboli sulawesi tengah Ignasius Jonan Resmikan Pelabuhan Pelayaran Toboli Sulawesi Tengah sulteng

Lintas Penyeberangan Toboli-Marisa merupakan lintas penyeberangan perintis sesuai dengan revisi Surat Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor : SK.7379/AP.204/DRJD/2015 tanggal 18 November 2015 tentang Lintas Penyeberangan Peintis.

Terkait dengan visi misi Presiden Jokowi yang tertuang dalam Nawa Cita, dengan beroperasinya penyeberangan antar provinsi tersebut, akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pariwisata, salah satunya mendorong perekonomian di sekitar teluk Tomini Kabupaten Parigi Moutong yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya serta mengandung potensi sumber daya perikanan dengan jumlah besar, sehingga masyarakat pesisir dapat lebih mandiri dalam meningkatkan taraf hidupnya dengan berprofesi sebagai nelayan dan menjadikan daerahnya daya tarik bagi wisatawan lokal maupun asing.

Baca juga :  Akselerasi Pertumbuhan Bisnis ICT Pasca Paket Ekonomi Jilid 14
BAGIKAN