Beranda Pendidikan FRPBA Akan Mengadakan Water Rescue Training Untuk Pelajar Se-Tangerang Selatan

FRPBA Akan Mengadakan Water Rescue Training Untuk Pelajar Se-Tangerang Selatan

406
BAGIKAN
FRPBA Akan Mengadakan Water Rescue Training Untuk Pelajar Se-Tangerang Selatan
Foto: Istimewa

TANGERANG SELATAN, Pelitabanten.com – Bencana alam kerap hadir di Indonesia, baik banjir, tanah longsor hingga tsunami, kejadian tersebut terkadang menelan korban jiwa, baik anak-anak, orang dewasa maupun yang lanjut usia, untuk itu kita meski membekali diri untuk dapat terhindar dari bencana yang dapat hadir kapanpun dan dimanapun. Selain menjaga diri  agar terhindar dari bencana , kita juga meski sadar bahwa orang lain pun sangat membutuhkan bantuan, sehingga kita harus mampu dan terampil dalam menolong sesama terkait bencana yang kerap terjadi di lingkungan kita, meski telah ada badan yang dibentuk Pemerintah khusus untuk menanganinya.

Tangerang Selatan, Kota yang merupakan bagian dari Provinsi Banten pinggiran DKI Jakarta, tepatnya bersebelahan dengan Wilayah Jakarta Selatan, terkait mengenai bencana alam Kota tersebut telah beberapa kali mengalami suatu bencana yaitu banjir di beberapa kecamatan, jebolnya tanggul situ gintung dan beberapa kali terdapat orang yang tenggelam baik di danau maupun di sungai. Dengan kejadian-kejadian tersebut sangat perlu membekali masyarakat khususnya pemuda dalam hal penanggulangan bencana alam khususnya teknik penyelamatan di air (water rescue).

Dengan semangat yang sama, para pemuda Tangerang Selatan yang tergabung dalam kelompok kemanusiaan Forum Relawan Penanggulangan Bencana Alam (FRPBA) Jum’at malam (25/3) di Pamulang, berkumpul dan merencanakan untuk membuat pelatihan penyelamatan di air (water rescue training) dengan membekali para peserta berbagai macam teknik dalam penyelamatan orang tenggelam, penyelamatan orang dari bencana banjir hingga penanggulangan bencana tersebut, dimana pelatihan tersebut dikhuuskan untuk para pelajar setingkat SMA sederajat di wilayah Tangerang Selatan.

Water Rescue Training yang akan diadakan untuk para pelajar se Tangerang Selatan tersebut, akan diadakan lima hari pada tanggal 11 hingga 15 Juli 2016 di Danau Situ Gintung. Pelatihan yang dikhususkan untuk para pelajar tersebut bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang peduli dan terampil dalam membantu sesama sejak usia yang terbilang muda, agar Tangerang Selatan memiliki aset yang dapat menghadirkan generasi yang paham dalam penanganan bencana secara berkesinambungan, ujar Dian Sumarwan atau yang akrab dipanggil Aan selaku penasehat yang turut hadir dalam pertemuan malam itu.

Baca juga :  Surya Institute Gelar Lomba Sains dan Matematika Tingkat SD se-Asia

Kegiatan tersebut rencananya akan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Tangerang Selatan dan melibatkan dinas maupun badan terkait penanganan ataupun penanggulangan bencana, tambah Fauzi selaku Ketua Pelaksana kegiatan.