Group Musik Tanah Air Project Rilis Singel Terbaru Tentang Sejarah

Jakarta, Pelitabanten.com – Group musik Tanah Air Project yang mengusung genre musik rock sinematik resmi merilis single terbarunya yang berbahasa Inggris berjudul “Song Of Deliverance”. Grup yang yang digawangi Vialinda (vokal), Gerard Laisina (gitar), Daniel Mantiri (gitar), Ezekiel Rangga (keyboard & sequencer), dan Ardika Prayudha (drum) itu, akan menggali unsur sejarah Nusantara dalam setiap single yang mereka terjemahkan lewat musik.

Hal itu diungkapkan Ezekiel Rangga mewakili Tanah Air Project saat menggelar jumpa pers di Hard Rock Cafe Jakarta, Sabtu (3/9/2022).

“Untuk single Song Of Deliverance, kita coba akan angkat sejarah berdirinya Candi Borobudur yang menjadi warisan dunia yang diakui UNESCO yang dibangun sekitar abad 7-9 masehi oleh era Kerajaan Samaratungga dari Dinasti Syailendra. Ini yang kemudian kita terjemahkan lewat lagu ini,” ungkap Eze.

Proses kreatif setiap single yang dibuat grup musiknya ini, katanya, memang berupaya menggali dari sejarah Nusantara untuk kemudian dipresentasikan lewat karya lagu.

“Jadi kita ingin masyarakat Indonesia belajar sejarah melalui musik. Karena kalau kita belajar kadang suka malas apalagi itu tentang sejarah. Tapi dengan sejarah kita coba presentasikan lewat musik, kita berharap bisa memberikan pengetahuan bagi para pendengar lagu kita tentang sejarah berdirinya nusantara ini selain ada unsur hiburannya,” tambahnya.

Eze mengakui perlu proses panjang untuk dirinya dan grup musiknya untuk bisa menciptakan karya musik yang berasal dari sejarah. Sehingga mereka perlu studi mendalam dan beritanya dari beberapa ahli sejarah tentang tema lagu yang mereka ingin buat, agar sejarahnya bisa tergambarkan lewat lagu-lagu yang dirilisnya.

“Kita juga dalam single-single yang kita rilis menyisipkan elemen-elemen tradisional seperti tari, musik daerah seperti mocopat dan sinden dengan menggunakan alat musik khas daerah agar musik yang kita sajikan bisa mengena meskipun lagunya bergenre rock,” tandasnya.

Sebelum akhirnya merilis singleSong Of Deliverance yang bercerita tentang sejarah berdirinya Candi Borobudur, Tanah Air Project sebelumnya juga pernah merilis single “Negeri Pemenang” yang berkisah tentang perlawanan rakyat Banda, Aceh terhadap VOC di era tahun 1609. Kemudian single “Selamanya Kita” yang berkisah tentang sejarah kejayaan Kerajaan Majapahit di tahun 1200-1500 masehi.

Tak hanya itu, Tanah Air Project juga pernah merilis berjudul “Kandang Kita” yang berkisah cerita ketahanan Kerajaan Hindu di Bali pada akhir Kerajaan Majapahit. Dan ke depan, Tanah Air Project akan juga merilis 4 single musik yang berkisahkan sejarah Nusantara lainnya.