Beranda Peristiwa Banten Benteng Art Festival 2, Tampilkan Budaya Nusantara

Benteng Art Festival 2, Tampilkan Budaya Nusantara

417
BAGIKAN
Benteng Art Festival 2, Tampilkan Budaya Nusantara
Foto: Istimewa

ANGERANG, Pelitabanten.com – Benteng Art Festival 2, Tampilkan Budaya Nusantara. Benteng Art Festival 2, sebuah ajang kreatifitas budaya di Kota Tangerang, dimulai. Walikota Tangerang, H. Arief Wismansyah yang membuka langsung gelaran, di Perumahan Puri Beta 1, Kecamatan Larangan, Rabu (18/10).

Baca juga :  GP Ansor Kota Tangerang Gelar Silaturahmi dan Konsolidasi Antar Pengurus

Diawali dengan tarian tradisional rampak bedug, gelaran yang memasukan seluruh unsur budaya lokal yang ada di Kota Tangerang, tampak meriah.

“Tahun ini kegiatannya di dorong ke kecamatan. Supaya masyarakat di wilayah dapat mengenal budaya apa saja yang ada di kota tangerang,” ujar Walikota usai acara.

Walikota menyampaikan, gelaran berbeda dengan sebelumnya yang hanya melibatkan budayawan lokal. Tahun 2015, mengajak budayawan dari luar Kota untuk meramaikan festival.

” Kami berharap setiap tahunnya ada peningkatan. Untuk tahun ini kami kedatangan temen – temen dari Cilegon. Ke depan kami berharap dapat melibatkan budayawan lain yang ada di Indonesia. sehingga membuktikan meskipun berbeda kebudayaan tapi tetap dapat memperkuat persatuan dan kesatuan Indonesia,” tegas Walikota.

Selain itu, melalui kegiatan lanjut Arief, pihaknya berharap dapat semakin memupuk kebersamaan dan juga kekompakan antar warga Kota Tangerang. Mengingat kebhinekaan budaya yang ada di Kota Tangerang merupakan kekuatan tersendiri yang membedakan dengan daerah lain di Indonesia.

” Tadi juga ada deklarasi dari teman masyarakat forum pembauran kebangsaan. Intinya kita tinggal di Kota harus terus menjaga kebersamaan dan kesatuan yang ada di kota tangerang, budaya akhlakul kharimah harus terus kita sosialisasikan bersama,” tegas Walikota.

Terakhir, Walikota menyampaikan harapannya, agar masyarakat dan DPRD dan mendorong festival jadi potensi wisata.

” Saya minta dukungan masyarakat dan juga DPRD untuk menjadikan festival ini menjadi salah satu festival wisata. Sebelumnya juga kita sudah mendorong kampung wisata yang ada di wilayah,” tutup Walikota.

Baca juga :  Hujan dan Angin Hantam Kota Tangerang

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan, M. Luthfi menyampaikan bahwa selain gelaran budaya lokal, seperti Lenong dan Gambang kromong. Pada gelaran tahun 2015, juga akan diadakan lomba – lomba kesenian yang melibatkan masyarakat dan juga anak sekolah.

” Akan ada banyak lomba yang kami gelar, salah satunya ada lomba tari yang akan melibatkan siswa – siswa yang ada si Kota Tangerang,” ucapnya.