Beranda Opini Penguatan Kompetensi Bidang Perpajakan Melalui Program Pelatihan dan Sertifikasi

Penguatan Kompetensi Bidang Perpajakan Melalui Program Pelatihan dan Sertifikasi

Penguatan Kompetensi Bidang Perpajakan melalui Program Pelatihan dan Sertifikasi
ILUSTRASI (Steve Buissinne/Pixabay)

Pelitabanten.com – Di era globalisasi saat ini, kualitas Sumber Daya Manusia yang kompeten, berkualitas dan unggul merupakan faktor penting dalam mendukung produktivitas yang mampu menghadapi pasar yang sangat kompetitif. Upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) untuk meningkatkan produktivitas, daya saing, dan standarisasi tersebut dalam membentuk struktur karir yang profesional, salah satunya adalah melalui Program dan Sertifikasi.

Untuk mendukung tersebut, AR Learning Center atau yang disingkat ALC merupakan Lembaga dan Sertifikasi berpusat di Daerah Istimewa Yogyakarta telah menyelenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Pajak yaitu Certified Fundamental Tax, sebagai upaya Penguatan Bidang Perpajakan. ini diselenggarakan pada tanggal 11 sampai dengan 13 Agustus 2021, secara daring melalui WhatsApp Group dan dengan media zoom meeting.

Sebagai narasumber pada acara tersebut, Trainer Perpajakan dari AR Learning Center, Dr. Dadang Suhardi, SE., MM. Selain sebagai trainer, beliau saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan 2 Universitas Kuningan, Jawa Barat. Paparan materi yang disampaikan sangat lengkap dan dipahami terutama terkait dasar perpajakan, kebijakan dan peraturan perpajakan, serta latihan soal disertai contoh kasus. Di akhir tersebut, seluruh peserta diwajibkan mengerjakan beberapa Tugas Ujian untuk dapat dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikat “Certified Tax Fundamental (C.Ftax).

Baca Juga:  Hari Santri Nasional & Refleksi Keindonesiaan Kita

Peserta yang mengikuti ini sebanyak 156 peserta dengan berbagai latar belakang profesi. Acara ini berjalan dengan lancar dan sukses, serta lebih menariknya lagi pada saat mengikuti program ini, animo dan antusiasme peserta dalam mendalami pemahaman materi penuh semangat. Hal ini tercermin dari banyaknya penyampaian pertanyaan dan diskusi kepada narasumber.

Banyak manfaat yang diperoleh dari program dan Sertifikasi ini, diantaranya seluruh peserta akan memiliki dan profesionalisme di bidang perpajakan, dan tentunya juga akan melahirkan kader-kader bangsa yang ahli di bidang perpajakan.

Penulis: Etik Ipda Riyani (Dosen Perguruan Tinggi Negeri)