Dinkes Kabupaten Tangerang Adakan Kegiaatan di Gerai KIA

Pemerintahan Kabupaten Tangerang melalui Dinas Kesehatan kembali meningkatkan pelayanan ibu hamil untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan mengadakan kegiatan di Gerai Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) (Pelitabanten.com/Dok Ist)

KABUPATEN TANGERANG,Pelitabanten.com – Pemerintahan Kabupaten Tangerang melalui Dinas Kesehatan kembali meningkatkan pelayanan ibu hamil untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan mengadakan kegiatan di Gerai Kesehatan Ibu dan Anak (KIA),Kegiatan tersebut bertempat di Perumahan Sudirman Indah, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Kamis (08/04/2021).

Kegiatan ini merupakan screening awal bagi ibu hamil, jika ada kendala bagi ibu hamil yang lingkar lengannya rendah di bawah 21cm, maka akan di beri rujukan ke puskesmas, sehingga di harapkan perjalanan persalinan ini mendapatkan kondisi yang maksimal dalam proses persalinan normal dan bayi dapat lahir secara sehat.

Gerai Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) ini bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang, Alfamart dan Forum Peduli Kesehatan Ibu dan Anak (FOPKIA).

Pada wilayah Kabupaten Tangerang terdapat 7 gerai, yakni 3 gerai di Kecamatan Tigaraksa, 1 gerai di Kecamatan Mekar Baru, 1 gerai di Kecamatan Jayanti, 1 gerai Mauk dan 1 gerai di Kecamatan Sukamulya.

Baca Juga:  Caleg PKS Adakan Baksos Periksa Mata Gratis dan Kacamata Murah

Gerai Kesehatan Ibu dan Anak diselenggarakan setiap hari Sabtu oleh masing-masing posyandu di 3 Kecamatan Tigaraksa, yang bertempat di depan Alfamart Perumahan Sudirman Indah, Acara dimulai pada pukul 09.00 sampai 13.00 WIB.

Kepala Puskesmas Tigaraksa Haji Dr. Eko Hartati, menghanturkan banyak terima kasih Kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang yang telah memfasilitasi Puskesmas Tigaraksa atas hadirnya Gerai KIA

Saat di temui oleh staff Diskominfo Kabupaten Tangerang Haji Eko mengatakan, “Banyak sekali manfaat KIA yang telah dirasakan di wilayah kerja Puskesmas Tigaraksa, antara lain kami melakukan screening ibu hamil, meliputi pemeriksaan sederhana,” ucapnya.

Kegiatan ini meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan dan pengukuran lingkar lengan atas (LILA), adapun kegiatan ini juga memberikan edukasi pada ibu hamil, memberikan edukasi gizi yang di perlukan oleh ibu dan calon bayi, membantu menghilangkan mitos kepada ibu hamil, mengupayakan jaminan kesehatan bagi ibu hamil, dan meningkatkan peran serta keterlibatan suami untuk menjadi suami siaga.

Baca Juga:  Oknum Penyidik PPA Polrestro Tangerang Kota Diduga Lambat Ungkap Kasus Asusila

Salah satu ibu hamil yang ditemui oleh tim diskominfo Sri Wiyani (42) mengucapkan banyak terima kasih kepada Dinkes Kabupaten Tangerang,”Saya mengucapkan terima kasih kepada Dinkes Kabupaten Tangerang terkhusus Puskesmas Tigaraksa serta ibu-ibu kader TP PKK,” ucapnya.

Sri juga mengatakan bahwa dengan adanya gerai KIA, ia merasa terbantu atas penyuluhan pemeriksaan kehamilan dan pengetahuan yang berguna untuk kehamilannya yang sudah memasuki minggu kedua, “Saya berharap kegiatan ini dapat rutin terlaksana dengan baik juga lancar dan dapat memberikan manfaat bagi para ibu maupun calon ibu,” pungkasnya.