Opini Tanaman Obat Mengatasi Insomnia

Tanaman Obat Mengatasi Insomnia

Tanaman Obat Mengatasi Insomnia
ILUSTRASI (congerdesign /Pixabay)

Pelitabanten.com – Siapa yang tidak tahu jenis yang satu ini? Yap betul sekali ia merupakan bunga chamomile, ia termasuk kedalam golongan bunga matahari Asteraceae. Ia memiliki nama ilmiah Matricaria recutita L.

Selain memiliki bentuk dan warna nya yang indah dipandang mata, tanaman ini juga ternyata memiliki khasiat meredakan stress dan dapat juga mengatasi insomnia.

Bunga Chamomile
Ilustrasi (id.wikipedia.org)

Siapa nih disini yang sulit sekali dalam mengatasi insomnia? Dimasa pandemi ini bekerja, bersekolah, dan berkuliah dirumah saja membuat kita memiliki banyak waktu dirumah dan kerap sekali harus membagi waktu antara pekerjaan rumah dan kewajiban tugas yang lain agar terpenuhi.

Dan tidak jarang membuat gejala insomnia kerap terjadi. Sering sekali gejala ini juga dipergunakan kita untuk mencoba obat tidur yang bisa dibeli di apotik terdekat. Akan tetapi mengkonsumsi obat-obatan dan membantu cepat tidur akan berefek samping yang berkelanjutan. Disini saya akan membahas mengenai teh chamomile sebagai teh herbal yang bisa membantu anda mengatasi kesulitan tidur. Yuk disimak!

Tak heran teh chamomile ini bagus sekali sebagai pengantar tidur dan membantu kita menjadi lebih rileks lagi, dibandingkan jenis teh yang lainnya teh chamomile ini tidak mengandung kafein, aromanya sangat menenangkan dan benar-benar membantu pikiran kita jauh lebih rileks.

Baca Juga:  Haji Mabrur Haji Mabur

Lalu bagaimana ya proses teh chamomile ini benar-benar dapat mengatasi susah tidur?

Menurut Rachel Cheatham, PhD, founder dari Foodscape Group sekaligus adjunct assistant professor di Tufts University, chamomile merupakan tanaman yang kaya antioksidan dan ternyata ada lebih dari 120 elemen kimia yang ditemukan di dalamnya. Salah satunya, antioksi dan apigenin kandungan tersebut dapat membantu mengikat reseptor pencipta kantuk dan mengurangi insomnia. Itu sebabnya, teh chamomile bisa membuat kita merasa mengantuk.

Lalu apa efek sampingnya dan apakah setelah mengkonsumsi teh ini akan kebergantungan?

Untuk efek samping akan terjadi kepada sebagian orang saja entah akan merasa mual karena tidak terbiasa dengan rasa nya dan ada juga berekasi alergi, semua itu tergantung dari kondisi tubuh kita yang merespon minuman teh herbal ini.

Lalu karena teh ini terbuat dari bahan herbal maka efek kebergantungan akan sangat diminimalisir, jika diminum secara rutin teh ini akan membantu anda jauh lebih rileks dan merasa segar sepanjang hari, dan jika anda mengurangi pengkonsumsian maka efek teh ini tidak akan membuat anda memiliki rasa kantuk yang terus menerus.

Baca Juga:  Tanaman Ganja Dan Narasi Sesat Penguasa

Dalam pengkonsumsian nya apakah teh ini harus dimunum setiap hendak tertidur?

Meminum teh chamomile ini hendaknya dilakukan saat satu jam sebelum anda ingin tertidur karena tubuh anda memerlukan waktu yang renggang untuk memiliki rasa ketenangan dan meresapi efek dari teh chamomile ini. Sebab, kebiasaan minum teh di malam hari sama halnya dengan mengonsumsi komponen menyehatkan di dalamnya, serta dapat memberikan sinyal pada tubuh bahwa waktu tidur sudah tiba. Dengan begitu, kita akan mendapatkan manfaat rileksasi dari teh chamomile dengan maksimal. Dan kita dapat menciptakan tidur yang lebih rileks dan segar saat bangun di pagi hari!

Nah, lalu bagiamana ya cara membuat teh herbal ini? Berikut langkah-langkah pembuatan teh chamomile si penghantar tidur lelap…

Yang pertama, Didihkan 240ml air untuk satu gelas minum (sesuaikan dengan yang akan anda minum)

Baca Juga:  Pilkada 2018, Pendamping Arief Menentukan Masa Depan Kota Tangerang

Kedua,Ambil 2 sendok makan bunga chamomile yang sudah dikeringkan atau 4 sendok makan bunga chamomile segar untuk setiap satu gelas teh. (bubuk teh chamomile bisa dibeli di supermarket terdekat)

Ketiga,setelah air sudah terlihat mendidih, matikan api terlbeih dahulu. Lalu  masukkan teh bunga chamomile dan tutup pot dan biarkan beberapa saat agar teh larut.

Keempat,setelah terlihat larut maka teh chamomile siap untuk dinikmati. (anjuran tambahan gula sesuaikan dengan selera anda).

bukan? Selamat mencoba, rangkaian bacaan diatas semoga dapat membantu para pembaca yang memiliki gangguan dalam tidur dapat memiliki kebiasaan tidur yang jauh lebih baik. Semoga bermanfaat!

#stayathome dan #stayhealty Semoga kita semua diberikan kesabaran dalam menghadapi pandemik ini. Aamiin.

Sumber Referensi :

  • Marintan Widi Lestari, 8 nov 2013. fimela.
  • Krisnawati, Inti. 2008. Teh Herbal Minuman Berkhasiat Pemulih . :PT.Gramedia Pustaka Utama.

Asri Ulfiya RahmatillahPenulis: Asri Ulfiya Rahmatillah (Mahasiswa jurusan Biologi, Fakultas Sains Sultan Maulana Hasanuddin )