Beranda Jurnalis Warga KKM Tematik UPI: Membangun TK Yang Kreatif Dengan Seni Rupa

KKM Tematik UPI: Membangun TK Yang Kreatif Dengan Seni Rupa

Membangun TK Yang Kreatif Dengan Seni Rupa
ILUSTRASI (Foto: Eren Li/Pexels)

Pelitabanten.com – Untuk mewujudkan salah satu tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat, menyelenggarakan kegiatan KKN tematik bertemakan melalui bidang pendidikan dan dalam implementasi MBKM pada masa (KKN Tematik MDBPE-MBKM Tahun 2021) yang dilakukan pada tanggal 1-30 juli 2021 secara dan individual sesuai dengan alamat domisili mahasiswa.

Sidi Sekarayu Persih salah satu mahasiswi PGPAUD UPI Cibiru yang sedang melakukan kegiatan KKN tematik bidang pendidikan di melakukan kegiatan yaitu mengikuti sosialisasi KKN, pembekalan KKN, menyusun perencanaan program, melaksanakan program dari kampus seperti membangun administrasi di .

Pendampingan pada dan dalam pembelajaran, kegiatan parenting education kepada orang tua seperti membuat konten edukasi yang dapat disebarkan kepada orang tua siswa yaitu tentang orang tua jangan bingung saat mengajarkan anak di , dan terakhir adalah laporan hasil kegiatan program KKN.

Baca Juga:  Kapolsek Batuceper Hidupkan Mimbar Kamtibmas Sebelum Shalat Jumat

Dalam pelaksanaan KKN, PAUD Posyandu Oscar Serang sangat menyambut baik program KKN tematik ini saat pertemuan secara langsung yang dilakukan mahasiswa terhadap kepala sekolah dan guru.

Pelaksanaan program membangun Tk yang kreatif dengan seni rupa ini dimaksudkan agar anak lebih mengenal seni rupa di usia dini. Program ini sangat cocok untuk saya ajarkan ke anak usia dini, agar anak TK mengetahui berbagai cabang seni dan salah satu cabang seni adalah seni rupa.apa itu seni rupa? Seni rupa yaitu cabang seni yang membentuk karya seni dan bisa di tangkap oleh mata serta dirasakan dengan rabaan. jadi saya ingin anak TK bisa menangkap dan merasakan keindahan alam dengan tangannya sendiri. bagaimana caranya membangun TK yang kreatif dengan seni rupa yaitu dengan menerapkan rencana kegiatan.

Seperti apa saja rencana kegiatan dari program diatas yaitu berdiskusi sesuai dengan tema,menonton , kolase, bernyanyi,memasangkan bunga dibenang menjadi rangkai kalung, mewarnai gambar, membuat rangkaian manik-manik, mengenalkan angka 1-10.

Baca Juga:  Kegiatan Belajar Online Sekolah Yang Ada di Kabupaten Tangerang

Solusi program membangun TK yang kreatif dengan seni rupa yaitu anak diajarkan untuk melaksanakan sesuai rencana kegiatan di atas yaitu dapat berdiskusi dengan teman sebayanya,dapat mengerti jarak menonton film dari layar monitor, kolase, cara bernyanyi dengan intonasi yang tepat memasang bunga dibenang menjadi rangkaian kalung dengan cara yang tepat, mewarnai gambar, cara yang tepat merangkai manik-manik yang benar,dan mengenalkan angka 1-10 hingga bisa menyebut angka 1-10 dengan benar.

Penulis: Sidi Sekarayu Perish (Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Ciburu)