Opini Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan
Jahu (Joseph Mucira/Pixabay)

Pelitabanten.com – Jahe merupakan bahan rempah-rempah yang memiliki segudang manfaat, selain digunakan untuk bumbu masakan, jahe juga merupakan termasuk tanaman herbal yang memiliki segudang manfaat. Oleh karena itu jahe sering ditanam di pekarangan atau kebun, juga banyak dijual dipasar tradisional maupun modern, Kemudian jahe menyebar ke berbagai Negara. Terkenal dengan memiliki aroma yang khas, ketika memilih jahe apalagi untuk pengobatan anda harus memilih jahe yang masih segar.

Jenis – jenis jahe

Secara umum jahe terbagi menjadi tiga klon/jenis tanamn jahe yang dapat dibedakan dari aroma, warna, bentuk, dan besar rimpang.

1. Jahe besar

Jahe besar disebut juga dengan jahe badak atau jahe gajah. Rimpang jahe ini berwarna putih kekuningan. Selain itu, rimpangnya lebih besar dan gemuk dengan ruas rimpang yang menggembung daripada jenis lainnya.

2. Jahe putih kecil

Jahe putih kecil atau disebut jahe empirit. Warnanya putih, bentuknya agak pipih, berserat lembut, dan aromanya kurang tajam jika dibandingkan dengan jahe merah.

3. Jahe merah

Jahe ini biasa disebut dengan jahe sunti. Jahe merah memiliki rasa yang sangat pedas dengan aroma yang sangat tajam sehingga sering digunakan sebagai minyak jahe atau obat-obatan.

Baca Juga:  Pasca Bencana, Indonesia Segera Bentuk Kementerian Keselamatan Risiko dan Bencana

Jahe adalah salah satu tanaman obat yang memiliki segudang manfaat, mengutif dari buku Buku Pintar Tanaman Obat karya Redaksi AgroMedia jahe mengandung minyak atsiri.

Melansir dari buku berjudul Jahe karya Hesti Dwi Setyaningrum, Cahyo Saparinto, jahe mengandung vitamin A, vitamin B, , lemak, protein, pati, asam organik, dammar, zingeron, sineol, dan oleoresin.

Kandungan vitamin dan mineral tersebut membuat jahe dipercaya mampu mencegah dan menyembuhkan sejumlah penyakit.

bagi

Dari tanaman jahe yang digunakan sebagai obat adalah rimpangnya. Rasa pedas pada jahe disebabkan kandungan zingeron, sebuah senyawa keton yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat jahe untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

1. Mencegah stroke dan penyakit jantung

Kandungan gingerol pada jahe bersifat antikoagulan yang berguna untuk melancarkan peredaran darah, mengontrol tekanan darah, serta menangkal penggumpalan darah yang dapat menimbulkan pembuluh darah tersumbat sehingga menyebabkan serangan jantung maupun penyakit stroke.

2. Anti radang dan mengatasi arthritis

Kandungan gingerol jahe juga berfungsi sebagai anti inflamasi yang berkhasiat untuk mengatasi peradangan serta menghambat COX yang diketahui menjadi penyebab terjadinya peradangan dan arthritis tanpa menimbulkan efek samping.

Baca Juga:  Istikharah; Memantapkan Hati

3. Membersihkan tubuh dan menangkal kanker

Manfaat jahe juga dari kandungan antioksidan yang berkhasiat dalam menangkal radikal bebas dan membersihkan tubuh dari berbagai , bakteri, kuman penyebab penyakit. Bahkan senyawa aktif ini mampu meredam pertumbuhan berbagai jenis sel kanker, seperti kanker usus atau kanker ovarium.

4. Menyembuhkan migrain dan sakit kepala

Kandungan dalam jahe juga mampu menghambat prostagladin yang menyebabkan migrain dan sakit kepala.

5. Menyembuhkan demam dan batuk

Kandungan gingerol pada jahe juga berkhasiat dalam menurunkan demam dan menyembuhkan batuk.

6. Menyembuhkan sakit perut

Manfaat jahe juga dari kandungannya yang mampu melancarkan pencernaan maupun metabolisme tubuh, sehingga berguna untuk mengatasi gangguan pencernaan, iritasi usus, maupun perut kembung.

7. Menurunkan berat badan dan perut buncit

Minum jahe secara rutin juga membantu metabolisme tubuh dan membakar kalori sehingga berguna untuk menurunkan berat badan maupun mengatasi perut buncit.

8. Mengatasi perjalanan dan morning sickness

Minum jahe atau makan permen jahe juga sangat berguna untuk mengurangi rasa mual karena mabuk kendaraan, mengatasi jet lag, maupun meredakan rasa mual dan ingin muntah pada morning sickness.

Baca Juga:  Copot Direksi Waskita Satu-satunya Solusi?

Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan

Jahe merah merupakan jenis jahe yang memiliki khasiat obat lebih beragam, baik karena rasanya yang aling pedas maupun dari kandungan minyak atsiri-nya yang meliputi zingeberin, zingiberen, zingiberal, kamfena, gingeral, shogool, sert lemonin. Jahe merah juga banyak mengandung pati, minyak damar, gingerin, asam organik, asam aksolat, serta ssam malat.

Khasiat jahe merah juga sangat juga sangat banyak untuk mengobati beragam jenis penyakit.  Diantaranya menghangatkan badan dan menambah nafsu makan, mengobati masuk angin menyembuhkan radang tenggorokan (bronkitis), rematik, sakit pinggang, nyeri lambung, nyeri otot, maupun untuk meredakan penyakit asma.

Kandungan senyawa aktif yang lebih kompleks pada jahe merah juga sangat baik untuk meningkatkan keharmonisan rumah tangga. Manfaat jahe merah ini terutama untuk meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh, mengatasi masalah ejakulasi dini, menyembuhkan lemah syahwat, dan meningkatkan gairah seksual.

Devi RamadayantiPenulis: Devi Ramadayanti (Mahasiswa Biologi, Fakultas Sains, Sultan Maulana Hasanuddin Banten)