Peran Perempuan Cerdas dalam Pembentukan Karakter Penerus Bangsa

SERANG, Pelitabanten.com- Suwaib Amiruddin Foundation (SAF) kembali menggelar Webinar , kali ini SAF menggandeng UKM Pramuka Universitas Sultan Ageng Tirtayasa untuk mengadakan Webinar Nasional di Hari Perempuan Internasional. Webinar ini mengusung tema ” Peran Perempuan Cerdas dalam Pembentukan Karakter Penerus Bangsa” dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting. Jumat (12/3)

Kegiatan Tersebut menghadirkan Pembicara tokoh Perempuan milenial yakni Kak Hj. Nur’aeni, S.Sos., M.Si Anggota DPR RI, Kak Sondang A.K Situmorang, S.Par Founder Yayasan Menuai Masa Depan dan Kak Ika Arinia Indriyany, MA Akademisi Untirta.

Webinar Nasional yang di sampaikan oleh 3 Narasumber ini berjalan dengan lancar dengan penuh antusias peserta semua kalangan dari berbagai wilayah di Indonesia.
Direktur Eksekutif Suwaib Amiruddin Foundation (SAF) Moch. Fahmi Abduh mengatakan webinar kali ini mengusung tema perempuan karena berjalan pentingnya perempuan dalam pembentukan karakter bangsa, sehingga perempuan harus memiliki pengetahuan dan peran yang bagus. Sedangkan perempuan di desa masih dianggap sebelah mata sehingga perannya tidak terlihat, seakan peran perempuan hanya cukup di dapur dan dikasur saja.

Baca Juga:  Webinar Hari Perempuan Internasional : Perguruan Tinggi harus Responsif Gender

Ketua Putri Gerakan Pramuka Untirta Suci Wulandari mengatakan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk Meningkatkan kaum perempuan dan menyadarkan pentingnya pendidikan kaum perempuan guna mencetak generasi perempuan yang cerdas dan berkualitas sebagai generasi penerus bangsa. “Kegiatan ini sengaja di laksanakan supaya kaum perempuan bisa membekali dirinya dengan ilmu yang memadai” ujarnya.

Suherna Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan Untirta menambahkan tujuan kegiatan ini merupakan langkah awal untuk meningkatkan prestasi mahasiswa Untirta salahsatunya bagi kaum perempuan. ” Semua kalangan bisa berprestasi baik laki-laki maupun perempuan untuk bisa berprestasi selama ada keinginan dan usaha yang maksimal ” Ungkapnya.

Selain itu, Nur’eni dalam kesempatannya mengatakan bahwa kegiatan Webinar ini adalah bentuk kesadaran yang nyata akan pentingnya kaum perempuan meningkatkan kualitas dirinya agar mampu berkolaborasi dengan laki-laki untuk bersama-sama mengawal kebijakan pemerintah dan berguna bagi masyarakat sesuai dengan kemampuan. ” Ada hak 30 % bagi perempuan untuk ikut andil dalam keanggotaan Dewan Perwakilan Rakyat yang harus di maksimalkan supaya hak-hak perempuan terpenuhi oleh pemerintah sehingga terealisasi harapan dan cita-cita bangsa ” tambahnya. Menanggapi hal tersebut, Sondang A.K Situmorang sepakat bahwa kaum perempuan harus tetap berjuang meningkatkan kualitas dan kemampuan nya untuk mencetak terbaik dengan cara terjun langsung di masyarakat serta berkontribusi penuh dalam masyarakat. ” Yang terpenting adalah kita sebagai kaum perempuan tidak lagi berfikir sempit terhadap peran perempuan yang terbatas. Akan tetapi, banyak ilmu yang di cari untuk membekali diri guna membangun negeri.” Tutupnya.