Beranda Inforial Cocos Nucifera, Pohon Seribu Manfaat

Cocos Nucifera, Pohon Seribu Manfaat

Cocos Nucifera, Pohon Seribu Manfaat
ILUSTRASI (Kittichai Chumanee/Pexels)

Pelitabanten.com – Makhluk hidup yang ada di bumi ini bukan hanya manusia saja, tetapi ada makhluk hidup lainnya contohnya tumbuhan. Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang terdiri dari akar, batang, daun, dan terdapat juga tumbuhan yang memiliki buah dan biji. Tumbuhan yang memiliki unsur yang lengkap dinamakan tumbuhan sempurna misalnya Cocos nucifera. Cocos nucifera atau kelapa merupakan tumbuhan yang memiliki banyak sekali manfaat. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi juga bermanfaat untuk . Hampir seluruh bagian pada pohon kelapa dapat dimanfaatkan. Mulai dari daun, batang, dan buah nya dapat diambil manfaatnya.

Pada daun kelapa terdapat daun muda dan daun tua. Daun muda Cocos nucifera dapat digunakan untuk membuat ketupat dan bisa juga digunakan untuk anyaman. Sedangkan daun tua nya dapat dibuat sapu lidi yang tentunya bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari manusia. Batang pohon Cocos nucifera dapat digunakan sebagai salah satu aspek dalam pembuatan yaitu bisa digunakan sebagai tiang-tiang pada rumah.

Baca Juga:  Sambut Imlek 2021, Jakmall Berikan Diskon hingga 88%

Buah kelapa memiliki daging buah yang dapat dikonsumsi dan memiliki rasa yang enak. Selain daging buah nya, endokarp atau tempurung kelapa juga bisa dibuat menjadi bermacam-macam benda misalnya gayung tempurung kelapa, mangkuk, dan masih banyak lagi. Sabut kelapa juga dapat dimanfaatkan yaitu dengan dibuat sebagai sapu lantai. Pada buah kelapa yang sudah tua, daging buah nya terdapat santan kelapa yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam . Tidak hanya menambah cita rasa pada makanan, santan juga ternyata memiliki manfaat lain yaitu mengurangi terjadinya pembebgkakan atau peradangan, mencegah terjadinya luka pada permukaan lambung, dan dapat melawan bakteri dan virus dalam tubuh. Tidak lupa juga air kelapa muda yang memili banyak manfaat diantaranya dapat menyegarkan tubuh apabila diminum dan dapat membantu menambah ion tubuh setelah berolahraga atau melakukan aktivitas berat lainnya.

Baca Juga:  Transpulmin Jangkau Pasien Anak di Wisma Atlet di Hari Anak Nasional

Selain pada kesehatan, kelapa juga bemanfaat untuk kecantikan karena kandungan nutrisi pada buah kelapa sangat bagus untuk kecantikan misalnya yaitu minyak kelapa. Minyak kelapa digunakan untuk melembabkan kulit yang kering, dapat digunakan untuk rambut agar rambut terlihat tidak berantakan dan pastinya selalu wangi. Selain itu, minyak kelapa juga dapat digunakan untuk mencegah kulit.

Penulis: Aghny Choirrizkia Nadilla ( Jurusan Biologi Fakultas Sains Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin )